5 Fakta Dewa Brahma Hindu, Terungkap Semuanya

Dewa Brahma.
Sumber :

VIVAFakta Dewa Brahma Hindu mungkin tidak banyak orang yang mengetahuinya. Untuk itu, kali ini kami akan beritahu beberapa fakta tersebut,Dewa Brahma dalam bahasa Sansekerta, yakni dewa pencipta dalam agama Hindu. Dari ketiga dewa, Brahma lah yang memiliki makna pencipta. Sedangkan, Dewa Wisnu adalah pemelihara dan Dewa Siwa adalah perusak.

Terungkap 3 Alasan Iran dan Arab Saudi Saling Bermusuhan, Isu Agama Paling Kuat

Dalam teks-teks Hindu, dikatakan bahwa dewa tertinggi, Brahma, memiliki lima kepala dan merupakan salah satu dari Trimurti Hindu. Menurut teks-teks suci, dia adalah salah satu makhluk ilahi dan juga dikenal sebagai Prajapati. 

Brahma dikenal sebagai dewa Penciptaan, atau Dewa Aspek Kreatif. Menurut mitologi Hindu, Dewa Brahma adalah mahakuasa dan mahahadil. Dia dianggap yang paling penting dari semua dewa Hindu, mewakili kesadaran universal dan kehidupan itu sendiri. 

Deretan Negara Paling Tak Percaya Tuhan di Dunia, Mayoritas di Benua Asia!

Menurut mitologi Hindu, Dewa Brahma menciptakan alam semesta dan kehidupan melalui kehendaknya. Namun, dia tidak menciptakan alam semesta dari ketiadaan, melainkan dia mengubah kekacauan yang sudah ada menjadi keteraturan. 

Dia menciptakan empat kelompok utama makhluk hidup: manusia, hewan, setan, dan dewa. Brahma sering digambarkan sebagai laki-laki dewasa berwajah empat dengan kulit biru, mewakili empat Veda. Empat kepala mewakili empat arah di mana bumi dikelilingi. Dia mengenakan pakaian kuning keemasan dan memiliki empat lengan. Dia menaiki angsa dan duduk di atas bunga teratai. 

Kerusakan Iklim dan Alam Jadi Tanda Kiamat? Begini Penjelasan Al Quran dan Sains

Dia juga memiliki tongkat dengan tiga bagian yang mewakili dewa Brahma, Wisnu, dan Siwa. Brahma tidak dipuja begitu banyak karena dia tidak memiliki banyak cerita tentang eksploitasi dan petualangannya, tidak seperti dewa-dewa Hindu lainnya, seperti Siwa dan Wisnu. 

Dalam agama Hindu, Trimurti Dewa Brahma dianggap sebagai dewa tertua dan penguasa tertinggi. Banyak yang percaya Brahma adalah dewa terpenting ketiga dalam mitologi Hindu, di belakang Wisnu dan Siwa.

Brahma diyakini telah diciptakan oleh Dewa Wisnu sementara yang lain mengatakan dia lahir dari telur emas.  Tidak ada candi yang didedikasikan untuk Brahma karena dia bukan dewa penting di zaman modern.

Ada beberapa kuil kuno yang didedikasikan untuknya, tetapi selain itu, tidak ada kuil modern. Kuil Brahma di Pushkar, India adalah kuil yang didedikasikan untuk Brahma, tetapi tidak memiliki patung dewa. 

Kuil ini kecil dan hanya terdiri dari sebuah aula dengan sepuluh tiang. Terlepas dari kenyataan bahwa tidak banyak candi yang didedikasikan untuk Brahma, orang-orang menyembah Brahma, Wisnu, dan Siwa dalam doa sehari-hari mereka. Ia juga termasuk dalam semua upacara penting Hindu, seperti pernikahan dan upacara pemberian nama.

Berikut ini terdapat fakta Dewa Brama yang menarik untuk kalian ketahui. Apa saja?Simak ulasannya berikut ini.

1. Dewa Brahma adalah Pencipta Alam Semesta

Dewa Brahma adalah pencipta alam semesta, salah satu Trimurti (tiga dewa utama) dalam agama Hindu. Ia juga dikenal sebagai 'Vaidhyanath' di beberapa bagian India.

Brahma memiliki empat kepala dan dia biasanya digambarkan dengan empat tangan; namun, terkadang dia hanya memiliki dua tangan. 

Menurut beberapa kitab suci, Dewa Brahma dikatakan memiliki Netra (mata) di semua wajahnya; namun beberapa skrip lain menyarankan sebaliknya. Empat kepala melambangkan dia mengawasi empat Veda - Rgveda, Samveda, Yajurveda, dan Atharvaveda.

Setiap wajah menunjukkan aspek penting dari kehidupan manusia yaitu, belajar, memperoleh kekayaan, pengorbanan upacara, dan keselamatan, masing-masing. 

Empat tangannya menandakan empat arah alam semesta. Brahma sering disebut 'Prajapati', yang berarti pencipta atau sumber kehidupan bagi semua makhluk hidup di Bumi. 

Dia, bersama dengan Trimurti lainnya, bertanggung jawab atas penciptaan, pemeliharaan, dan penghancuran dunia kita. Menurut mitologi Hindu, Dewa Brahma telah menciptakan empat kumara (anak laki-laki) dari pikirannya – Sanaka, Sananda, Sanatana, dan Sanat Kumara. 

Mereka tumbuh menjadi penyembah besar yang kemudian menjadi nabi Dewa Wisnu. Tapi karena mereka memiliki pengetahuan lebih dari dia, dia mengirim mereka ke sebuah gua di mana mereka tetap bermeditasi sampai saat ini, menunggu kedatangan Kalki, 'avatar terakhir', yang seharusnya muncul di akhir Kali Yuga. .

Nama lain yang digunakan Dewa Brahma adalah "Nastya", yang berarti 'tidak memihak'- karena ia menempati posisi sentral dalam semua ritus keagamaan dan juga karena ia dilahirkan bukan karena kesalahan atau dosanya sendiri. 

Dia menemukan disebutkan dalam beberapa kitab suci Hindu seperti Rgveda, Yajurveda, Samaveda, Atharvaveda, Mahabharata, Wisnupuranam, dan banyak lainnya.

Menurut pengetahuan Veda, ada empat kelas makhluk yaitu, dewa (Dewa), setengah dewa setengah dewa yang disebut 'asura', roh alam yang disebut 'Pisachas', dan manusia.

 Tugas utama Dewa Brahma adalah mengatur seluruh sistem mulai dari penciptaan hingga penghancuran setiap siklus dunia. Diyakini bahwa ia tinggal di istana emas di puncak Gunung Meru di surga.

Beberapa kitab suci juga menyebutkan dia sebagai kepala arsitek yang membangun istana untuk putra-putranya, saat tinggal di planet duniawi ini, Manidweepa (dunia pulau). 

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Dewa Brahma, atau Brahmanaspati, adalah dewa utama yang 'kuat' di antara tiga dewa yang diberikan semua tugas penting yang diperlukan untuk menjalankan alam semesta dengan sukses dalam agama Hindu. 

Brahma yang disebut sebagai dewa pertama mungkin tidak terlalu populer di kalangan umat 
Hindu, tetapi signifikansinya tidak dapat diremehkan!

2. Kisah di balik Dewa Brahma Sedikit Penuh Mistis

Menurut kitab suci Hindu, dewa tertinggi, Dewa Wisnu, menciptakan Dewa Brahma dari 'pusarnya', sebuah kata yang melambangkan energi pemberi kehidupan.

Pusar juga digambarkan sebagai teratai, dengan batang yang tumbuh dari pusar Wisnu dan kelopak bunga terbentang menjadi dewa pencipta, Brahma. Meskipun mungkin terdengar aneh, ada banyak kejadian dalam sejarah di mana manusia telah menyaksikan manusia keluar dari angkatan laut. Menurut mitologi, Dewa Brahma muncul dengan empat wajah, masing-masing menghadap ke salah satu dari empat titik mata angin atau arah.

Sesuai versi lain, ia dilahirkan dengan delapan wajah, yang kemudian menjadi empat. Kitab suci juga mengatakan bahwa dewa pencipta, Brahma, berasal dari air, dari dalam teratai yang tumbuh dari pusar Mahawisnu, dengan demikian menandakan penciptaan dari ketiadaan. Permaisuri Brahma, Saraswati, adalah entitas yang muncul dari Dewa Brahma sendiri.

Saraswati sering digambarkan duduk di sebelah suaminya memainkan alat musik. Dia mewakili "ucapan", yang membantu dalam proses penciptaan, sementara Dewa Brahma mewakili kreativitas itu sendiri. Oleh karena itu, secara kolektif, mereka melambangkan kreativitas dan ekspresi yang bersatu dan bekerja bahu-membahu demi ketertiban dunia, atau sederhananya, penciptaan.

Brahma memegang banyak gelar lain, seperti 'jagatpita' atau 'bapak dunia', 'Vishvakarma' atau 'arsitek alam semesta', dan banyak lagi. Dalam kitab suci Hindu, Dewa Brahma sering digambarkan sebagai pria berkepala empat yang mengenakan sutra kuning. Dia dianggap sebagai dewa otodidak yang memperoleh segalanya melalui pengalamannya sendiri, yang berkontribusi pada kepercayaan dirinya pada pengetahuan dan kekuatan.

Dia memegang tongkat kebijaksanaan di satu tangan, dan 'akshamala' (rosario) di tangan lainnya, menandakan perannya sebagai dewa pencipta, sementara dia juga membawa bunga teratai, yang mewakili kemurnian dan pemikiran kreatif. Tapi bukan hanya makna simbolis di balik Dewa Brahma yang membuatnya begitu penting bagi umat Hindu, itu juga kualitas luar biasa yang membuatnya menonjol dari dewa-dewa lain dari berbagai agama.

Misalnya, tidak seperti kebanyakan dewa yang biasanya dikaitkan hanya dengan satu aspek kehidupan manusia, seperti kebahagiaan atau kemakmuran, hampir semua aspek kehidupan manusia, seperti kebahagiaan, moralitas, dan pengetahuan, dikaitkan dengan Dewa Brahma. Meskipun kita mungkin tidak tahu banyak tentang dewa misterius ini dan perannya dalam agama Hindu, cukup jelas bahwa dia dimaksudkan untuk lebih dari sekadar ciptaan.

Sebagai pencipta alam semesta ini, dia adalah salah satu dari trinitas dalam mitologi Hindu, dua lainnya adalah Wisnu dan Siwa.  Dalam Veda Hindu, Brahma digambarkan sebagai setengah dewa yang 'tidak begitu pintar' dengan empat kepala, atau setengah pria dan setengah wanita, atau seorang bijak, kadang-kadang dengan wajah kuda, dll., tergantung pada legenda daerah di berbagai daerah. teks.

Menurut Shiva Purana, ia memiliki empat kepala yang mewakili arah mata angin, masing-masing dengan wajah. Tetapi menurut tradisi Waisnawa, ia memiliki empat wajah dan sepuluh tangan, yang interpretasinya bervariasi dari satu daerah ke daerah lain dalam tradisi Hindu. Namun, apapun interpretasinya, Brahma dianggap sebagai dewa pribadi dengan aspek dan kisahnya sendiri.

Shiva Purana mengatakan bahwa Brahma pernah berkunjung ke Gunung Kailash (tempat tinggal Siwa), di mana ia melihat Sati, kadang-kadang disebut sebagai Shatarupa, istri pertama Dewa Siwa. Dia tergila-gila dengan kecantikannya dan mencoba meyakinkannya untuk menikah dengannya, tetapi dia tidak tertarik padanya karena penampilannya yang jelek.

Jadi, suatu hari, ketika mereka bertemu di puncak Gunung Kailash, Sati bertanya tentang pencipta mereka, Wisnu. Brahma menjawab bahwa Wisnu menciptakan segala sesuatu di bumi kecuali dia. Sati tahu alasan di balik tanggapannya dan tidak memperhatikannya. Tetapi Dewa Siwa yang marah ini, yang mengutuk Brahma karena tidak menunjukkan rasa hormat kepada istrinya dengan berbaring di depannya.

Karena penebusan dosanya yang ekstrem, ia memiliki kepala baru yang dibuat berdasarkan yang lama. Itulah sebabnya, di antara semua dewa Veda, Brahma memiliki empat kepala, mewakili delapan arah (empat mata angin dan empat perantara). Ada banyak kisah tentang bagaimana statusnya berubah seiring waktu, tetapi apa pun masalahnya, umat Hindu sangat menghormatinya.

3. Pentingnya Dewa Brama dalam Agama Hindu

Dalam agama Hindu, Brahma, arsitek dunia, adalah salah satu dari Tritunggal Mahakudus. Dia dianggap sebagai tokoh yang sangat penting dalam Weda dan Upanishad.

Meski tak sederajat dengan Trimurti, ia juga banyak berjasa bagi agama Hindu. Veda menganggapnya sebagai reinkarnasi Dewa Wisnu, sedangkan Upanishad secara singkat menggambarkan kisah hidupnya. Kitab suci lainnya ditulis oleh banyak orang suci tentang kebesarannya. Menariknya, sebagian besar pengetahuan kita tentang dia berasal dari berbagai wali yang menulis berbagai bentuk Ramayana.

Ada beberapa cerita tentang bagaimana signifikansinya berubah dari waktu ke waktu, tetapi apa pun itu, itu tidak mengubah fakta bahwa dia penting bagi umat Hindu. Dalam agama Hindu, ia dianggap sebagai pencipta dunia dan ayah dari Dewa Brahma, yang telah memainkan peran yang sangat penting dalam budaya Hindu sejak zaman kuno.

Diyakini juga bahwa ia menulis keempat Veda, yang mencakup 18 Purana. Ada beberapa cerita tentang bagaimana signifikansinya berubah dari waktu ke waktu, tetapi apa pun itu, itu tidak mengubah fakta bahwa banyak orang berdoa kepadanya sebagai setara dengan dewa. 

Ada beberapa cerita tentang bagaimana Brahma membantu dewa lain untuk membunuh setan, tetapi itu tidak mengubah fakta bahwa ia setara dengan Trimurti, bersama dengan Dewa Siwa dan Wisnu.

Menurut beberapa cerita, ia juga dianggap sebagai salah satu dari lima wajah Siwa. Meskipun Dewa Wisnu adalah dewa yang populer di antara semua, banyak cerita menunjukkan bagaimana Brahma lebih kuat darinya, bersama dengan kekuatannya dari dewa lain. 

Brahma memiliki 4 kepala dan dia juga dikenal sebagai Chaturmukha (berarti bermuka empat). Setiap kepala mewakili satu dari empat Veda (kitab suci) yang diciptakan untuk kepentingan umat manusia – Rig, Yajur, Sama, dan Atharva.

Brahma dikenal sebagai Pitamaha, yang berarti 'kakek'. Brahma adalah salah satu dari tiga dewa utama dalam agama Hindu. Dua lainnya adalah Wisnu dan Siwa. Berbeda dengan Brahma yang merupakan dewa pencipta, Wisnu adalah dewa pemelihara dan Siwa adalah dewa perusak. Namun, dia tidak menciptakan alam semesta dari ketiadaan; alih-alih, dia mengubah kekacauan yang sebelumnya ada menjadi teratur. Manusia, hewan, iblis, dan dewa adalah empat tipe dasar makhluk hidup yang diciptakannya.

4. Kekuatan dan Simbol Dewa Brahma

Dewa Brahma adalah avtar Vaikunta dan lahir dari pusar Wisnu. Vaikunta adalah tempat di mana semua makhluk hidup pergi untuk kelahiran kembali setelah kematian. Jiwa berpindah dari satu bentuk fisik ke bentuk fisik lainnya karena karma atau dharma sampai mereka mencapai moksha atas karunia Dewa Wisnu.

Dewa Brahma diyakini sebagai pencipta semua manusia, dan karena itu, ia dikenal sebagai Adi-Kavi (penyair asli) dan juga disebut Jagatguru (guru spiritual dunia). 

Dia juga dianggap sebagai pelindung dunia. Dia adalah ayah dan pembimbing semua manusia, dan karena itu, dia dikenal sebagai Pitamaha (kakek). 

5. Setiap Kepala pada Dewa Brahma Miliki Nama Khusus

Dia dikenal sebagai Aja (belum lahir). Dia menghabiskan waktunya dalam meditasi. Dia dianggap sebagai dewa otodidak yang telah mempelajari segala sesuatu dari pengetahuannya sendiri, yang berkontribusi pada keyakinannya sebagai mahatahu dan mahakuasa. Setiap kepala memiliki nama khusus: Brahma yang berkepala timur disebut Hiranyagarbha, dan dia adalah pencipta dunia material.

Brahma yang berkepala barat disebut N?r?ya?a, pemelihara semua bentuk kehidupan. Brahma yang berkepala utara disebut sh?na, yang merupakan penghancur semua bentuk kehidupan. Brahma ini ditampilkan sebagai setengah binatang dan setengah manusia. Brahma yang berkepala selatan disebut Sad??iva, dan merupakan penghancur terakhir dari semua bentuk kehidupan. Brahma ini ditampilkan sebagai benar-benar telanjang.

Empat Veda dirayakan oleh Dewa Brahma di keempat penjuru dengan nama yang dianugerahkan dengan tepat. Timur merayakan Rig Veda, selatan merayakan Yajur Veda, barat merayakan Sama Veda, dan utara merayakan Atharva Veda. Lambang Dewa Brahma adalah tasbih rosario (japamala), kendi air (kamandalu), dan kitab suci Weda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya