5 Fakta Dewa Brahma Hindu, Terungkap Semuanya

Dewa Brahma.
Dewa Brahma.
Sumber :

VIVA – Fakta Dewa Brahma Hindu mungkin tidak banyak orang yang mengetahuinya. Untuk itu, kali ini kami akan beritahu beberapa fakta tersebut,Dewa Brahma dalam bahasa Sansekerta, yakni dewa pencipta dalam agama Hindu. Dari ketiga dewa, Brahma lah yang memiliki makna pencipta. Sedangkan, Dewa Wisnu adalah pemelihara dan Dewa Siwa adalah perusak.

Dalam teks-teks Hindu, dikatakan bahwa dewa tertinggi, Brahma, memiliki lima kepala dan merupakan salah satu dari Trimurti Hindu. Menurut teks-teks suci, dia adalah salah satu makhluk ilahi dan juga dikenal sebagai Prajapati. 

Brahma dikenal sebagai dewa Penciptaan, atau Dewa Aspek Kreatif. Menurut mitologi Hindu, Dewa Brahma adalah mahakuasa dan mahahadil. Dia dianggap yang paling penting dari semua dewa Hindu, mewakili kesadaran universal dan kehidupan itu sendiri. 

Menurut mitologi Hindu, Dewa Brahma menciptakan alam semesta dan kehidupan melalui kehendaknya. Namun, dia tidak menciptakan alam semesta dari ketiadaan, melainkan dia mengubah kekacauan yang sudah ada menjadi keteraturan. 

Dia menciptakan empat kelompok utama makhluk hidup: manusia, hewan, setan, dan dewa. Brahma sering digambarkan sebagai laki-laki dewasa berwajah empat dengan kulit biru, mewakili empat Veda. Empat kepala mewakili empat arah di mana bumi dikelilingi. Dia mengenakan pakaian kuning keemasan dan memiliki empat lengan. Dia menaiki angsa dan duduk di atas bunga teratai. 

Dia juga memiliki tongkat dengan tiga bagian yang mewakili dewa Brahma, Wisnu, dan Siwa. Brahma tidak dipuja begitu banyak karena dia tidak memiliki banyak cerita tentang eksploitasi dan petualangannya, tidak seperti dewa-dewa Hindu lainnya, seperti Siwa dan Wisnu. 

Dalam agama Hindu, Trimurti Dewa Brahma dianggap sebagai dewa tertua dan penguasa tertinggi. Banyak yang percaya Brahma adalah dewa terpenting ketiga dalam mitologi Hindu, di belakang Wisnu dan Siwa.