7 Manfaat Madu untuk Wajah, Bisa Tunda Tanda Penuaan!

Ilustrasi gambar madu .
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Madu dikenal memiliki banyak manfaat. Dengan rasa manisnya, madu memberikan nutrisi penting seperti vitamin dan mineral yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Tak hanya untuk tubuh bagian dalam, madu pun juga berkhasiat untuk kulit

Direkomendasikan oleh IDI, Apa Sih Physical Sunscreen Itu?

Maka dari itu tak heran sering ditemukan sejumlah obat atau skincare dengan kandungan madu. 

Penggunaan madu untuk wajah

Asuransi Kesehatan Jadi Primadona Usai Lebaran

Menggunakan madu secara langsung pada kulit wajah cenderung aman sebab ia merupakan bahan yang bersifat alami, bukan hasil olahan kimia. Selain aman, madu dapat ditemukan dengan mudah dan harganya cukup terjangkau. 

Efek yang dihasilkan jika menggunakan madu antara lain wajah akan bercahaya dan tampak lebih muda. Masih ada sederet manfaat lain madu untuk wajah. Apa sajakah itu? Dikutip VIVA dari Dabut, Minggu 15 Mei 2022, berikut 7 manfaat madu untuk wajah:

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit
  1. Melembabkan kulit secara mendalam

Ilustrasi Kulit Wajah Sehat

Photo :
  • SNP Lab

Enzim yang ada dalam madu memungkinkannya untuk meresap dengan mudah ke dalam kulit. Setelah meresap, madu mampu melembut dari dalam sehingga kulit akan terasa sangat lembab.
  1. Membersihkan pori-pori

Komedo di wajah.

Photo :
  • U-Report

Madu mengandung antioksidan, antiseptik, dan sifat antibakteri yang dapat membantu membersihkan kulit dari komedo. Kandungan ini mampu mengangkat kotoran dari pori-pori lalu menghidrasi serta mengencangkan pori-pori di wajah.
  1. Mengeksfoliasi dengan lembut

Kulit sehat dan kencang.

Photo :
  • U-Report

Eksfoliator bahan kimia pada sebagian orang dapat menyebabkan kulit menjadi merah dan iritasi. Namun madu dapat membantu pengelupasan kulit dengan lembut dengan mengangkat sel-sel kulit mati. Dengan terangkatnya sel kulit mati otomatis wajah akan tampak lebih cerah.
  1. Mencerahkan bekas luka

Wajah Cerah dan Cantik

Photo :
  • U-Report

Seperti yang sudah disebut, madu mengandung antiseptik alami. Antiseptik bekerja untuk mengurangi bekas luka pada wajah. Kandungan ini meminimalkan peradangan, membantu menyembuhkan kulit lebih cepat, serta memperbaiki kulit yang rusak.
  1. Membasmi jerawat

jerawat

Photo :
  • U-Report

Sifat antibakteri dan anti-inflamasi dari madu tidak hanya membantu menghilangkan minyak berlebih dari permukaan kulit. Mereka juga bisa membersihkan penyumbatan atau pori-pori yang tersumbat. Kondisi tersebut jika tidak ditangani dapat memicu timbulnya jerawat.
  1. Meredakan kulit yang terbakar matahari

Terik Matahari saat musim panas.

Photo :
  • U-Report

Dengan memberikan nutrisi ke jaringan kulit, madu dapat meningkatkan penyembuhan dan mengurangi peradangan pada kulit yang terbakar matahari.
  1. Mengurangi kerutan dan garis halus

Ilustrasi penuaan dini.

Photo :
  • U-Report

Munculnya kerutan dan garis halus pada wajah merupakan sebagian tanda dari penuaan. Dengan antioksidan, madu mampu mengontrol kerutan dan garis halus di wajah. Kamu bisa mengoleskan madu langsung pada wajah sebagai masker agar elastisitas kulit meningkat sehingga kulit wajah tampak awet muda dan bercahaya.
Ilustrasi wanita/skincare/kecantikan.

3 Skincare Ini Jadi Paling Diandalkan oleh Penggunanya

Skincare tidak hanya bertujuan untuk memperbaiki masalah kulit yang sudah ada, tetapi juga untuk mencegah timbulnya masalah baru.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024