7 Penemuan Baru di Planet Mars yang Mengejutkan Dunia

Planet Mars.
Sumber :
  • SciTechDaily

VIVA –  Mars adalah planet terdekat keempat dari Matahari. Namanya diambil dari dewa perang Romawi. Planet ini sering dijuluki sebagai "planet merah" karena tampak dari jauh berwarna kemerah-merahan. Mars memang menyimpan begitu banyak misteri yang hingga kini menarik perhatian dunia tentang apa-apa saja yang ada dan makhluk apa yang tinggal di dalamnya.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

dilansir dari wikipedia, Mars adalah planet bebatuan dengan atmosfer yang tipis. Di permukaan Mars terdapat kawah, gunung berapi, lembah, gurun, dan tudung es. Periode rotasi dan siklus musim Mars mirip dengan Bumi.

Di Mars berdiri Olympus Mons, gunung tertinggi di Tata Surya, dan Valles Marineris, lembah terbesar di Tata Surya. Selain itu, di belahan utara terdapat cekungan Borealis yang meliputi 40% permukaan Mars

Terkuak, Warna Ini Bisa Memprediksi Keberadaan Alien

Berikut VIVA telah merangkum dari berbagai sumber informasi, terkait 7 penemuan baru di planet Mars yang mengejutkan dunia:

1. Humanoid Mars

Perburuan Alien Belum Usai, Kawan

Objek membentuk wujud seorang tengah duduk di batuan permukaan Mars

Photo :
  • NASA.gov

Dilansir Techeblog, periset UFO, Scott Waring seorang penggemar alien mengungkap bahwa ia menemukan sosok menyerupai manusia berada di atas batu dalam foto panorama pemandangan kawah Gusev di Mars, yang dijepret robot penjelajah Spirit milik NASA

Ia memastikan bahwa sosok itu memiliki kepala, dada, pundak, lengan, serta kaki. Saat di zoom, tampak samar sosok itu menampilkan wujud manusia yang tengah duduk di atas batu. Namun NASA dalam laman resminya menjelaskan kalau apa yang ramai dibicarakan menyerupai manusia hanyalah batu biasa yg terbentuk secara alami.

2. Mars Rat

Mars Rat

Photo :
  • YouTube/Quick Solution - Data

Sebuah batu di Mars memiliki kemiripan dengan hewan pengerat ramai dibicarakan di Internet, bahkan beberapa penggemar alien meyakinkan bahwa dia benar-benar melihat tikus pada gambar yang diunggah NASA itu.

Para penggemar memperbesar gambar tersebut dan mengungkapkan apa yang mereka lihat benar seperti hewan pengerat yang meringkuk di antara dua batu dengan posisi hidung hewan tersebut menyentuh tanah.

3. Martian elephant

Banjir lahar kering di atas permukaan Mars telah menciptakan gambar mata dan belalai gajah. Lekukan dahi hewan dan lekukan telinga hewan tersebut juga muncul dalam foto baru yang diambil oleh High Resolution Imaging Science Experiment (HiRISE) di Mars Reconnaissance Orbiter NASA.

4. Martian bird

Seekor burung berparuh terbuka terlihat sedang bertengger di atas batu dengan posisi bersiap untuk terbang. Jika batu ini benar-benar burung mungkin mudah untuk lepas landas di gravitasi Mars yang lebih lemah dibandingkan bumi. 

Tetapi untuk seekor burung dapat terbang hingga ke mars tidak akan mungkin. Itu karena Mars memiliki atmosfer yang tipis dan tekanan udara yang rendah. Burung terbang di Mars ini ditemukan oleh Marcelo Irazusta seorang penggemar alien, ia menemukan seekor burung terbang melintasi permukaan Mars yang ditangkap minggu lalu oleh Curiosity Rover. 

5. The face on mars

Wajah di Mars terletak di daerah yang dikenal sebagai wilayah Cydonia, letaknya berada di antara dataran tinggi selatan planet yang berkawah dan dataran utara yang lebih halus. Beberapa ilmuwan berpikir daerah ini pernah berada di dekat samudra Mars raksasa.

Singkapan batu yang menciptakan ilusi ini berukuran satu mil dan memiliki kemiripan dengan butte dan mesa dari Amerika Barat. Kemungkinan terbentuk dari kombinasi tanah longsor dan puing-puing yang terkumpul.

6. Donat jeli 

Sebuah batu misterius yang muncul entah dari mana di Mars bulan lalu menimbulkan banyak spekulasi di kalangan penggemar alien, tetapi tampaknya misteri itu terpecahkan. Jawabannya lebih sederhana dari apa yang kita bayangkan.

NASA mengatakan pada hari Jumat bahwa batu misterius, yang menyerupai donat jeli, sebenarnya hanya sepotong batu yang lebih besar yang dilewati Mars Exploration Rover Opportunity pada bulan Januari lalu.

7. Tulang paha manusia

Thigh bones on Mars

Photo :
  • cnet.com

Sebuah foto dari penjelajah Curiosity NASA di Mars membuat heboh Internet minggu ini dengan klaim bahwa robot itu telah menemukan "tulang paha" di Planet Merah tersebut. NASA menjelaskan bahwa temuan itu bukanlah sebuah tulang, melainkan hanya batuan lapuk

Klaim tulang yang salah pertama kali diunggah oleh penggemar alien dan dengan cepat diambil oleh media sehingga dengan cepat menyebar terkait kabar yang saat itu belum diketahui kebenarannya.

Sehingga NASA mengambil langkah dengan merilis foto batuan Mars "tulang paha" Curiosity dengan penjelasan ilmiah. Dalam deskripsi foto, NASA menulis bahwa batu Mars ini memang terlihat seperti tulang paha femur, tetapi bebatuan itu bukan merupakan sisa-sisa fosil makhluk Mars yang misterius. NASA menerangkan bentuknya kemungkinan terpahat oleh erosi, baik angin atau air.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya