9 Dinosaurus Terbesar di Dunia, Ada yang Seukuran Lapangan Basket

Saltasaurus.
Saltasaurus.
Sumber :
  • extinctanimals.org

VIVA – Dinosaurus terbesar di dunia diketahui berkisar hampir 10 jenis. Ya, seperti diketahui, dinosaurus  adalah hewan purba yang diyakini pernah menginjakkan kaki di muka Bumi. Ukurannya sangat besar dan jauh lebih besar dibandingkan hewan-hewan yang ada saat ini. Dinosaurus yang paling banyak dikenal adalah T-rex dan brontosaurus. Keduanya jenis dinosaurus ini juga dijadikan film. Berikut daftar dinosaurus terbesar di dunia yang dirangkum dari beberapa sumber:

1. Pralititan stromeri

Dinosaurus bernama Paralititan stromeri pertama kali dideskripsikan pada 2001. Tepatnya, setelah penggalian di situs yang jaraknya 300 kilometer di barat daya Kairo, Mesir. Arkeolog menemukan tulang paha Paralititan stromeri yang panjangnya 1,69 meter.

Dari ukuran tulang pahanya, peneliti memperkirakan ukuran dinosaurus ini menyaingi Argentinosaurus. Diprediksi, panjangnya antara 25-30,5 meter, tinggi 9 meter dengan berat 66-83 ton. Paralititan stromeri hidup di rawa-rawa hutan bakau di pertengahan Zaman Kapur, tepatnya sekitar 94 juta tahun yang lalu.

2. Austroposeidon magnificus

Di tahun 1953, arkeolog menemukan sebagian tulang belakang dan tulang rusuk di pinggir kota San Paulo. Fosil ini disimpan di museum selama lebih dari 60 tahun dan baru diteliti setelah Brazil memiliki staf dan sumber daya untuk mempelajarinya. Austroposeidon magnificus adalah nama yang diberikan untuk fosil ini.

Austroposeidon magnificus masuk dalam kategori titanosaurus karena ukurannya yang sangat besar. Diperkirakan, Austroposeidon dewasa memiliki panjang 25 meter dan tinggi 8 meter. Diprediksi, Austroposeidon magnificus hidup pada 84-66 juta tahun yang lalu, mengacu pada usia lapisan batu pasir dan batu lumpur yang menyelimuti fosil.