Kucing Punya Daya Ingat yang Kuat

Kucing.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Dalam beberapa tahun terakhir, para ilmuwan telah menunjukkan bahwa kucing benar-benar terikat erat dengan manusia. Makhluk kompleks ini dapat berkomunikasi dengan kita, bahkan melacak gerakan manusia saat kita tidak ada.

Viral Video Detik-detik Seekor Kucing Diselamatkan di Tengah Banjir Melanda Dubai

Lebih menakjubkan lagi, kucing dapat mengenali nama mereka sendiri dan penelitian baru menunjukkan bahwa prestasi ini lebih dari yang kita ketahui. Dalam sebuah studi baru para ilmuwan menemukan bahwa selain mengetahui nama mereka sendiri.

Kucing juga tampaknya mengenali nama-nama kucing lain yang mereka kenal dan juga mengetahui nama-nama orang yang tinggal di rumah yang sama.

5 Fakta Menarik tentang Kucing Bengal

"Apa yang kami temukan sangat mencengangkan," kata Ilmuwan Hewan Saho Takagi dari Universitas Azabu, Jepang, seperti dikutip dari situs Science Alert, Rabu, 18 Mei 2022.

Dalam sebuah eksperimen, Takagi dan ilmuwan lainnya mempelajari kucing yang menetap di tempat tinggal berbeda, baik itu kucing domestik yang tinggal dengan kucing lainnya dalam satu rumah tangga atau kucing yang tinggal di 'kafe kucing' di Jepang, di mana pengunjung dapat berinteraksi dengan hewan tersebut.

5 Alasan Mengapa Kucing Suka Menggigit Tangan Pemiliknya

Dalam tes tersebut para peneliti akan menampilkan gambar seekor kucing yang dikenalnya dari rumah atau kafe yang sama melalui layar komputer.

Saat gambar ditampilkan, rekaman suara pemilik akan menyebutkan nama model kucing dengan lantang atau menyebutkan nama lain.

Ia dan tim juga menemukan bahwa kucing dari rumahan akan menghabiskan lebih lama menatap layar komputer, mungkin karena mereka bingung atau tertarik dengan ketidakcocokan gambar dan nama model kucing.

Namun mamalia yang tinggal di kafe ini tidak melakukan hal yang sama, kemungkinan karena mereka tinggal di rumah dengan banyak kucing lain dan mungkin saja kurang akrab dengan model kucing yang dipilih.

"Hanya kucing rumahan yang memperhatikan wajah kucing tertentu setelah mendengar nama kucing tersebut, menunjukkan bahwa mereka cocok dengan nama model kucing dan individu tertentu," jelas Takagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya