6 Unit Elite Militer Paling Rahasia di Dunia

Sayeret Matkal, pasukan khusus Israel.
Sumber :
  • wikimedia

VIVA – Tersebar diberbagai negara unit elitmiliter paling rahasia di dunia. Dilansir dari beberapa sumber, enam unit militer di bawah ini merupakan beberapa dari banyaknya unit militer di dunia.

Blak-blakan, Aldi Taher Ungkap Rahasia Sembuh dari Kanker

Kerahasiaan adalah salah satu mata uang terbaik dalam perang, jadi terkadang yang terbaik bagi komandan untuk menyembunyikan aset terbaik mereka dari musuh dan publik.

Sementara militer telah mengakui bahwa sebagian besar unit dalam daftar ini ada di beberapa titik, banyak misi mereka diklasifikasikan selama beberapa dekade sebelum diungkapkan ke publik. Simak di bawah ini enam unit elite militer paling rahasia di dunia:

7 Tempat Terbaik untuk Perjalanan Petualangan di Dunia

1. Kelompok Intervensi Gendarmerie Nasional, Prancis

5 Negara dengan Perusahaan Domestik Terbanyak di Dunia, Cina Paling Unggul

Kelompok Intervensi Gendarmerie Nasional Prancis

Photo :
  • flickr

Elite militer paling rahasia di dunia yang pertama adalah kelompok intervensi Gendarmerie Nasional. Dilansir oleh economictimes.indiatimes.com, beberapa pasukan kontraterorisme dunia dapat bersaing dengan Kelompok Intervensi Gendarmerie Nasional Prancis, atau GIGN.

Kelompok ini berjumlah 200 orang dan dilatih secara khusus untuk menanggapi situasi penyanderaan. Ia mengklaim telah membebaskan lebih dari 600 orang sejak dibentuk pada 1973. Adalah melanggar hukum Prancis untuk mempublikasikan gambar wajah anggotanya.

Salah satu episode paling luar biasa dalam sejarah GIGN adalah perebutan Masjidil Haram di Mekkah pada 1979. Karena, larangan non-Muslim memasuki kota suci, tim tiga komando GIGN sempat masuk Islam sebelum membantu pasukan bersenjata Saudi. pasukan berencana merebut kembali masjid.

2. Office of Strategic Services (OSS), Amerika Serikat

Office of Strategic Services (OSS)

Photo :
  • wikimedia

Office of Strategic Services atau Kantor Layanan Strategis masuk ke dalam elit militer paling rahasia di dunia yang dibentuk pada 1942 dengan misi yang sangat luas untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi strategis dan melakukan "operasi khusus yang tidak ditugaskan ke lembaga lain."

Karena, beberapa lembaga memiliki operator khusus dalam Perang Dunia II, ini memberi OSS banyak ruang untuk dijalankan.

Dilansir dari wearethemighty.com, di bawah Kolonel William “Wild Bill” Donovan, badan kecil itu melakukan penggerebekan, menyelundupkan senjata dan mata-mata, mendukung kelompok perlawanan di wilayah Poros, dan mengumpulkan intelijen.

OSS bahkan menggunakan komando "laut, udara, dan darat" pertama dalam sejarah AS.

3. Sayeret Matkal, Israel

Sayeret Matkal, pasukan khusus Israel.

Photo :
  • wikimedia

Sayeret Matkal dari Israel adalah salah satu unit elit militer paling rahasia di dunia. Tujuan utamanya adalah pengumpulan intelijen, dan sering beroperasi jauh di belakang garis musuh.

Selama kamp seleksi (Gibbush), calon rekrutan menjalani latihan keras sambil terus dipantau oleh dokter dan psikolog. Hanya yang terkuat yang masuk.

Pada 2003, sopir taksi Israel Eliyahu Gurel diculik setelah mengangkut empat warga Palestina ke Yerusalem dengan taksinya.

Tetapi unit Sayeret Matkal menemukan dan menyelamatkannya dari lubang 10 meter di sebuah pabrik yang ditinggalkan di pinggiran kota Ramallah.

4. Unidad de Operaciones Especiales, Spanyol

7781 Army Unit39th Special Forces Operational Detachment

Photo :
  • flickr

Unidad de Operaciones Especiales Spanyol, atau Pasukan Perang Khusus Angkatan Laut masuk unit elit militer paling rahasia di dunia seperti yang dikenal sejak 2009, telah lama menjadi salah satu pasukan khusus yang paling disegani di Eropa.

Dilansir dari economictimes.indiatimes.com, awalnya didirikan sebagai unit sukarelawan Perusahaan Panjat Amfibi pada tahun 1952, sejak itu mengikuti contoh SAS untuk menjadi kekuatan tempur elite.

Namun, mendapatkan baret hijau UOE merupakan tantangan yang cukup berat, dengan tingkat kegagalan kandidat rata-rata 70 hingga 80 persen. Tidak jarang 100 persen calon rekrutan baru ditolak.

5. 7781 Unit Angkatan Darat/Detasemen Operasi Kopassus ke-39, Jerman

7781 Army Unit39th Special Forces Operational Detachment

Photo :
  • wikimedia

Beroperasi di Berlin dari 1956 hingga 1984, tim baret hijau ini melewati beberapa nama selama sejarah mereka. Dilansir dari wearethemighty.com, mereka bekerja untuk menjaga Berlin Barat aman dari serangan komunis tetapi juga siap untuk menimbulkan perlawanan jika kota itu diambil alih. Dilatih dalam keterampilan mata-mata klasik, mereka dilengkapi dengan gadget seperti Bond seperti pemantik rokok dan batu bara isi C-4.

Sersan Guru Bob Charest, mantan anggota pensiunan unit, menulis untuk WATM tentang unit tersebut.

6. Skuadron Uji 6493/Kelompok Uji 6594

6594th Test Group

Photo :
  • wikimedia

Unit-unit Angkatan Udara ini ada dari 1958 hingga 1986 dan ditugaskan untuk menangkap “bintang jatuh”. Menurut wearethemighty.com, mereka akan terbang keluar dari Hawaii dan menangkap tabung film yang jatuh dari satelit mata-mata pertama Amerika.

Satelit, bagian dari program Corona, mengorbit Bumi dan mengambil foto Soviet Rusia. Kemudian, satelit akan menjatuhkan tabung film mereka di atas lautan Pasifik di mana para Penerbang ini akan mencoba untuk mengambil tabung itu dari udara.

Proses pemulihan secara mengejutkan berteknologi rendah. Sebuah pesawat dengan kait besar di bawah ekornya akan mencoba menangkap parasut tabung saat jatuh.

Ketika pesawat gagal menangkapnya atau cuaca terlalu buruk untuk melakukannya, perenang penyelamat Penjaga Pantai di unit itu akan mengeluarkan film dari air.

Unit ini memiliki rekor sempurna dengan lebih dari 40 ribu pemulihan dalam 27 tahun. Ketika penerbangnya tidak mengambil film dari udara, unit tersebut mendukung misi penyelamatan di dekat Hawaii. Itu dikreditkan dengan 60 penyelamatan.

Itulah enam unit elite militer paling rahasia di dunia yang dilansir dari berbagai sumber. Misi yang mereka lakukan membuat mereka harus bekerja dalam rahasia. Para elite militer ini tersebar dari berbagai negara di dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya