Manfaat Tidur Siang Sebentar yang Berguna bagi Tubuh

Ilustrasi wanita tertidur di saat jam kerja.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Tidur siang merupakan periode tidur yang singkat dan biasanya dilakukan pada siang hari. Mungkin sebagian orang melakukan tidur siang dan sebagiannya lagi tidak. Biasanya mereka yang tidak tidur siang tidak memiliki waktu untuk melakukannya karena harus melakukan suatu hal seperti pekerjaan dan yang lainnya. 

8 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan, Bisa Meredakan Gejala Menopause

Beberapa orang menganggap bahwa tidur siang menjadi salah satu cara yang efektif untuk bersantai dan memulihkan tenaga. Namun bagi beberapa orang lainnya, tidur siang dianggap tidak membantu dan malah mengganggu tidur mereka.

Tidak semua tidur siang diciptakan sama dan tentu ada banyak faktor yang memengaruhi manfaat dari tidur siang ini. Dengan memahami peran tidur siang, kamu dapat belajar untuk tidur siang yang efektif yang mendukung jam internal tubuhmu dan mempertahankan tingkat energimu sepanjang hari. Mengutip dari Cleveland Clinic dan sumber lainnya, berikut ini manfaat tidur siang yang bisa kamu ketahui dan

Perkembangan Terbaru Pengobatan TBC Resisten Obat, Bikin Cepat Sembuh dengan Obat Ini!

Manfaat Tidur Siang

Ada beberapa manfaat dari tidur siang yang bisa kita ketahui dan mungkin juga belum kamu ketahui, sehingga pada kali ini kita akan membahasnya. Tidur siang memiliki banyak manfaat, terutama bagi beberapa orang yang memiliki gangguan tidur. Berikut ini manfaat tidur siang: 

6 Olahraga Ringan untuk Membakar Kalori dan Mengembalikan Kebugaran Tubuh Setelah Lebaran

Meningkatkan Kinerja

Ilustrasi bekerja.

Photo :
  • Pixabay

Tidur siang yang dilakukan dengan sebentar saja ternyata dapat menghilangkan rasa kantuk kamu lho! Tetapi kamu tidak harus kurang tidur untuk mendapatkan manfaat dari tidur siang yang sebentar tersebut. Berbagai penelitian menemukan bahwa tidur siang dapat meningkatkan kewaspadaan, mempercepat waktu reaksi dan meningkatkan kemampuan penalaran logis. Sehingga dapat meningkatkan kinerja kita dalam mengerjakan suatu hal yang perlu kita kerjakan setelah tidur siang.

Meningkatkan Memori 

Ilustrasi Ingatan

Photo :

Selanjutnya tidur siang dapat meningkatkan memori kerja otak. Para peneliti telah menemukan bahwa orang-orang yang mempelajari tugas-tugas baru dapat mengingatnya lebih baik setelah melakukan tidur siang dengan singkat.

Dalam sebuah studi ditemukan bahwa orang yang tidur siang selama satu jam dapat mengingat informasi baru lebih baik daripada orang yang hanya istirahat saja tanpa tidur siang. 

Membantu Menghadapi Stres

Ilustrasi stres/sakit kepala/pusing.

Photo :
  • Freepik/freepik

Tidur siang juga dapat membantu untuk meredakan stres dan bahkan dapat mengubah suasana hati yang sedang buruk. Penelitian telah menunjukkan bahwa setelah tidur siang, orang menjadi kurang impulsif dan dapat mengatasi frustrasi mereka dengan lebih baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya