4 Misteri Dunia yang Terpecahkan, Ada Stonehenge

Batuan Stonehenge megalitik di Inggris.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Banyak misteri di dunia yang tidak terpecahkan dan masih menjadi pertanyaan hingga saat ini, tetapi ada pula misteri dunia yang terpecahkan. Untuk setiap jawaban baru yang kita temukan tentang masa lalu, tampaknya kita dihadapkan pada lebih banyak pertanyaan. Namun misteri inilah yang membuat kita terus melihat ke masa lalu.

4 Tahap Memaafkan, Penting Agar Rasa Marah Tidak Sampai Mengganggu Kesehatan

Empat misteri sejarah ini telah membingungkan masyarakat umum selama bertahun-tahun, puluhan tahun, bahkan berabad-abad. Namun, berkat upaya yang gigih, penelitian yang sungguh-sungguh, dan, dalam beberapa kasus, ilmu pengetahuan modern, semua itu akhirnya terpecahkan, bahkan jika orang tidak selalu ingin mendengar solusinya, lebih memilih kegembiraan misteri yang bagus.

1. Segitiga Bermuda

7 Tempat Terbaik untuk Perjalanan Petualangan di Dunia

Segitiga Bermuda

Photo :
  • U-Report

Misteri dunia yang terpecahkan adalah Segitiga Bermuda. Segitiga Bermuda diduga membentang antara Florida, Bermuda dan Puerto Rico. Tetapi para ahli tidak menemukan bencana yang tidak dapat dijelaskan terjadi di daerah itu. Dilansir dari science.howstuffworks.com, Ini adalah wilayah perairan antara Florida, Puerto Rico dan Bermuda yang, menurut mitologi pop, mengandung semacam kekuatan jahat yang menyebabkan kapal, pesawat, dan orang menghilang, tidak pernah terlihat lagi.

5 Negara dengan Perusahaan Domestik Terbanyak di Dunia, Cina Paling Unggul

Namun, misteri sebenarnya dari Segitiga Bermuda adalah mengapa orang masih begitu ingin mempercayainya. Dikutip dari skepticalinquirer.org, pada tahun 1975, pustakawan dan pilot Lawrence David Kusche menerbitkan penyelidikannya tentang fenomena tersebut. Ketika dia benar-benar meninjau laporan resmi tentang kapal yang digambarkan oleh penulis paranormal sebagai menghilang secara misterius, dia menemukan bahwa mereka biasanya tenggelam dalam cuaca buruk atau mengalami kecelakaan yang dapat dijelaskan, dan puing-puing itu terkadang ditemukan.

Demikian pula, situs web Penjaga Pantai A.S. mencatat bahwa layanan tersebut "tidak mengakui keberadaan yang disebut Segitiga Bermuda sebagai wilayah geografis yang berbahaya bagi kapal atau pesawat," dan mengatakan bahwa setelah meninjau kecelakaan di sana, tidak ada yang ditemukan bahwa tidak bisa dijelaskan.

2. Nasib Anastasia

Adipati Agung Anastasia Nikolaevna dari Rusia

Photo :
  • wikimedia

Selanjutnya adalah Adipati Agung Anastasia Nikolaevna dari Rusia, masuk ke dalam misteri dunia yang telah terpecahkan. Di tengah malam, antara 16 dan 17 Juli 1918, Tsar Nicholas II, kaisar terakhir Rusia, beserta istri dan anak-anaknya dieksekusi oleh kaum revolusioner Bolshevik. Karena kerahasiaan tindakan itu, desas-desus bertahan selama bertahun-tahun bahwa putri bungsu keluarga itu, Anastasia, telah selamat dan dikeluarkan dari rumah ke tempat yang aman.

Kisah itu begitu mencekam imajinasi publik sehingga memunculkan banyak buku, lagu, dan bahkan film. Selama beberapa dekade berikutnya, banyak orang yang berpura-pura mengaku sebagai pewaris muda takhta Rusia, tetapi tidak ada yang terbukti benar, mungkin karena dia tidak benar-benar selamat.

Dilansir dari explorethearchive.com, pada tahun 1991, sisa-sisa Tsar Nicholas, istrinya, dan tiga anak mereka ditemukan, tetapi masih ada dua yang belum ditemukan. Jadi, orang-orang terus berharap bahwa mungkin Anastasia telah lolos. Setidaknya sampai 2007, ketika kuburan tak bertanda kedua ditemukan, berisi mayat dua anak lainnya. Identitas semua jenazah akhirnya dikonfirmasi melalui tes DNA, yang berarti kalau Anastasia benar-benar tewas bersama keluarganya.

3. Asal Batu Raksasa Stonehenge

Batuan Stonehenge megalitik di Inggris

Photo :
  • vstory

Salah satu misteri dunia yang terpecahkan adalah tentang asal Stonehenge. Menurut britannica.com, Stonehenge dibangun dalam enam tahap antara 3000 dan 1520 SM, selama transisi dari Periode Neolitik (Zaman Batu Baru) ke Zaman Perunggu. Dari mana kepingan silcrete setinggi 23 kaki (7 meter), 22 ton (20 metrik ton), batuan sedimen yang sebagian besar terdiri dari kuarsa, berasal? Para ilmuwan telah berusaha memecahkan misteri ini selama 400 tahun. Diyakini bahwa batu-batu itu berasal dari suatu tempat di Wiltshire utara, sebuah daerah di Inggris barat daya, tetapi mereka tidak dapat menentukan lokasi yang tepat.

Kemudian, pada tahun 2019, para peneliti mendapat keberuntungan ketika seorang pria yang pernah mengerjakan proyek restorasi di Stonehenge pada tahun 1958 memberi mereka inti sepanjang 42,5 inci (108 sentimeter), setebal kira-kira 1 inci (25 milimeter) yang telah diekstraksi dari salah satu sarsens, yang dibawanya kembali ke AS bersamanya. Menurut theguardian.com, para ilmuwan mampu melakukan tes pada sampel dan membuat sidik jari geokimia dari sarsen. Kemudian, setelah menganalisis batu serupa dari 20 situs berbeda di seluruh Inggris selatan dan membandingkan kimianya, mereka mempersempit sumbernya ke West Woods di Wiltshire, yang saat ini menjadi tujuan rekreasi populer bagi pejalan kaki, pejalan kaki anjing, dan pengendara sepeda gunung. Tetapi bagaimana tepatnya para pembangun mengangkut batu-batu itu ke situs Stonehenge, 24 kilometer ke selatan, tetap menjadi misteri.

4. Pesawat Hantu Pearl Harbor

USS Arizona terbakar selama serangan di Pearl Harbor

Photo :
  • wikimedia

Misteri dunia yang terpecahkan terakhir adalah tentang Pesawat Hantu Pearl Harbor. Terjadi pada bulan Desember 1942, setahun dan sehari setelah serangan Jepang di Pearl Harbor, ketika radar menemukan sebuah pesawat tak dikenal. Dilansir dari explorethearchive.com, terdapat dua orang pejuang bergegas untuk mencegat dan apa yang mereka lihat membuat mereka takjub. Alih-alih serangan musuh, mereka menemukan P-40 Amerika, yang sudah antik, badan pesawatnya penuh lubang dan pilotnya tampaknya mati di ruang kontrol. Namun, sesaat sebelum pesawat jatuh, pilot tampak bangkit dan melambai lemah ke arah kedua pesawat itu.

Begitulah ceritanya, kurang lebih, seperti yang telah diceritakan dan diceritakan kembali berulang kali selama bertahun-tahun, diulangi sebagai salah satu misteri Perang Dunia II yang paling tidak dapat dijelaskan. Tidak bisa dijelaskan, mungkin, karena itu tidak pernah benar-benar terjadi. Cerita tersebut sebenarnya adalah sebuah fiksi, yang ditulis oleh jagoan terbang Perang Dunia II dalam kehidupan nyata Robert Lee Scott, Jr., yang kemudian menulis beberapa buku, termasuk otobiografinya tahun 1943, God is My Co-Pilot, yang kemudian menjadi hit film tahun 1945.

Kisah pesawat hantu Pearl Harbor tampaknya merupakan variasi dari bab pertama buku fiksi Perang Dunia II-nya, Damned to Glory, dengan lokasi bertukar ke Pearl Harbor dari Kienow Airdome di Cina. Ketika ditanya tentang cerita itu bertahun-tahun kemudian, Scott melaporkan bahwa dia tidak tahu itu pernah diulang sebagai fakta, dan bahwa dia tidak akan menulisnya jika dia pernah berpikir itu akan terjadi.

Empat misteri dunia yang terpecahkan di atas menggambarkan walaupun kejadian sudah lampau, tetapi kebenaran tetap bisa terungkap seiring berjalannya waktu. Peristiwa-peristiwa mengganjal terjadi, membuat banyak bertanya-tanya, lalu dipecahkan oleh peneliti, dan lain-lain. Begitulah siklus bagaimana misteri-misteri di atas terpecahkan. Kita tidak tahu, bisa saja hal-hal yang masih menjadi misteri saat ini dapat dipecahkan di kemudian hari oleh para ahli. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya