Banyak Merugikan, Inilah 5 Ledakan Terbesar di Dunia

Ledakan nuklir.
Ledakan nuklir.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Ledakan terbesar di dunia banyak terjadi sepanjang sejarah. Penyebab dari ledakan tersebut beragam. Ledakan-ledakan di bawah ini termasuk ke dalam ledakan nuklir dan non-nuklir. Ledakan ini terjadi memang direncakan atau juga yang terjadi karena kelalaian. 

Dari ledakan inipun menyebabkan banyak korban yang berjatuhan. Apalagi ledakan yang terjadi bukanlah ledakan kecil yang mampu meminimalisir jatuhnya korban. Tetapi, ledakan-ledakan ini termasuk ledakan besar yang terjadi sepanjang sejarah. Simak lima ledakan terbesar di dunia. 

1. Castle Bravo

Castle Bravo Nuklir

Castle Bravo Nuklir

Photo :
  • wikimedia

Ledakan terbesar di dunia yang pertama adalah Castle Bravo. Dilansir oleh livescience.com, Pada tanggal 1 Maret 1954 Amerika Serikat meledakkan senjata nuklir 15 megaton di Bikini Atoll, di Kepulauan Marshall, dalam tes dengan nama kode "Castle Bravo." Itu diledakkan di permukaan daripada dijatuhkan melalui udara dan merupakan ledakan senjata nuklir paling kuat kelima dalam sejarah.

Hasilnya sekitar dua setengah kali lebih besar dari yang diharapkan dan mengakibatkan kejatuhan nuklir menyebar sekitar 7.000 mil persegi (18.130 kilometer persegi) di Pasifik, membuat penduduk Kepulauan Marshall, personel militer AS, dan awak kapal pukat nelayan Jepang terpapar radiasi tingkat tinggi, menurut sebuah artikel yang diterbitkan pada tahun 2017 oleh Atomic Heritage Foundation. Beberapa penduduk harus dievakuasi, dan penduduk Kepulauan Marshall menderita tingkat kanker yang tinggi.

Tes Castle Bravo, dan kerusakan yang terjadi pada penduduk, memicu protes global terhadap pengujian bom nuklir. Dalam beberapa dekade mendatang, pemerintah AS membayar kompensasi kepada penduduk pulau; pensiunan personel militer AS meluncurkan kasus terhadap pemerintah pada tahun 1984, menuduh bahwa pemerintah Amerika telah meremehkan bahaya radiasi.