5 Pertanyaan Interview Kerja yang Sering Ditanyakan HRD

Wawancara kerja.
Sumber :
  • Freepik

VIVA – Ketika mencari kerja, interview atau wawancara adalah salah satu tahapan yang harus dihadapi sebelum diterima atau tidak oleh perusahaan tersebut. Interview adalah tahapan yang penting, dan bisa menjadi salah satu alasan HRD akan mempekerjakan kamu atau tidak. 

Buat yang Tanya Kapan Nikah dan Punya Anak Saat Lebaran, Ustaz Hanan Attaki Beri Nasehat Nyes

Pada tahap Interview, yang biasanya dilakukan oleh pihak Human Research Development atau HRD. Ketika mendapat panggilan interview, tentu harus memiliki persiapan yang matang. Salah satunya, adalah mempersiapkan diri dari pertanyaan - pertanyaan yang akan ditanyakan oleh HRD. 

Biasanya, pihak HRD di setiap perusahaan memiliki beberapa pertanyaan yang hampir sama ketika melakukan wawancara kerja. 

Sebelum Mualaf, Dian Sastrowardoyo Pelajari Semua Agama untuk Mencari Keberadaan Tuhan

Berikut 5 pertanyaan yang sering ditanyakan ketika interview kerja

Ceritakan tentang dirimu 

Kisah Mualaf Dian Sastrowardoyo, Pilih Masuk Islam Usai Bertanya Soal Kiamat

gugup saat interview

Photo :
  • U-Report

Biasanya pertanyaan ini akan muncul pertama kali saat interview kerja. Jangan menceritakan tentang kamu secara detail dari lahir atau bagaimana silsilah keluarga kamu. 

Namun ceritakan mengenai latar belakang pendidikan, pekerjaan apa yang pernah kamu kerjakan, pengalaman kerja, organisasi yang pernah kamu ikuti dan lainnya. Sebisa mungkin hindari menjawab pertanyaan dengan jawaban yang terlalu personal dan kaitkan jawaban dengan hal yang bersinggungan dengan pekerjaan yang akan kamu lamar. 

Apa kelebihan yang kamu miliki?

Cara Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula | tips interview kerja fresh graduate | tips interview kerja online | contoh perkenalan diri saat interview

Photo :
  • U-Report

Pada pertanyaan ini, baiknya kamu memberikan jawaban atas kelebihan kamu yang berpengaruh kepada perusahaan. Jangan berikan jawaban yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan yang kamu lamar atau yang bersifat sangat pribadi. 

Misalnya, jawab lah jika kamu adalah orang yang kritis, fokus, bertanggung jawab, mudah bergaul, problem solver dan lainnya. Jangan menjawab kamu bisa memasak, atau kamu bisa menjahit ; jika memang hal tersebut tidak berkaitan dengan pekerjaan yang akan kamu lamar. 

Apa kekurangan yang kamu miliki?

interview kerja

Photo :
  • U-Report

Pada pertanyaan ini berikan jawaban yang jujur namun "jangan terlalu jujur". Nah, pada pertanyaan ini biasanya para kandidat akan sulit menjawab dan bingung. 

Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa menjawab sesuatu yang sebenarnya belum mahir untuk dilakukan, namun kamu sedang berusaha untuk memperbaikinya. Hindari berkata "saya tidak memiliki kekurangan” karena akan terkesan sombong dan HRD bisa saja mencoret kamu dari daftar kandidat karena hal tersebut.

Jika salah menjawab, ada kemungkinan HRD akan menganggapmu sebagai sosok yang tidak kompeten..

Mengapa kamu tertarik untuk malamar di perusahaan ini?

Tips Cara lolos Interview kerja dengan mudah

Photo :
  • vstory

Untuk pertanyaan ini, biasanya HRD benar benar penasaran mengapa kamu tertarik untuk melamar di perusahaan tersebut. Namun, hindari menjawab yang berkaitan dengan gaji misalnya, atau hindari menjawab karena perusahaan tersebut besar atau malah membandingkan dengan perusahaan lain. 

Langkah baik untuk menjawabnya dengan hal yang berkaitan dengan bisnis perusahaan dan diri kamu. Misalnya karena perusahaan tersebut sesuai dengan latarbelakang kamu, atau karena kamu sejalan dengan visi dan misi perusahaan. 

Mengapa kami harus mempekerjakan kamu?

Wawancara kerja.

Photo :
  • Freepik/yanalya

Pertanyaan ini sebenarnya sedikit tricky, kamu bisa menjawab dengan jujur namun jangan terlalu arogan atau melebih lebihkan diri. HRD bisa menanggap kamu terlalu sombong. 

Sebaiknya jawab dengan "menjual diri" kamu. Contohnya kamu akan memberikan ilmu dan pengalaman kamu untuk perusahaan semaksimal mungkin atau jika kamu diterima kamu akan menaikkan persen penjualan perusahaan. 

Apa yang bisa kamu beri untuk perusahaan? 

Wawancara kerja.

Photo :
  • Pixabay

Kamu bisa menjawab pertanyaan ini sesuai dengan keahlian atau pengalaman yang kamu miliki.

Ceritakan pula pengalaman bekerja kamu sebelumnya, perubahaan apa yang bisa kamu berikan kepada perusahaan, dan pencapaian serta prestasi yang pernah kamu peroleh di perusahaan sebelumnya. 

Bagi yang belum memiliki pengalaman bekerja, sebaiknya tonjolkan kegiatan kegiatan yang pernah dilakukan selama ini. Selain itu, ceritakan bahwa kamu bersedia untuk terus belajar jika diterima bekerja di perusahaan tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya