Penjelajah Mars akan Berhenti Beroperasi

Penjelajah InSight di Planet Mars.
Penjelajah InSight di Planet Mars.
Sumber :
  • NASA

VIVA – Penjelajah Mars, InSight, akan berhenti beroperasi dalam beberapa bulan ke depan karena pasokan listrik yang berkurang.

Debu Mars yang menutupi panel surya telah mengurangi jumlah daya sekitar 500 watt per jam per hari. Ketika InSight mendarat pada November 2018, panel surya menghasilkan sekitar 5.000 watt per jam per sol.

"Pada akhir tahun ini kami harus menyelesaikan semua operasi InSight. Bukan karena kami ingin mematikannya tetapi sayangnya kami tidak memilik energi untuk mengaktifkannya," kata Wakil Manajer Proyek InSight, Kathya Zamora Garcia, seperti dikutip dari situs Science Alert, Jumat, 20 Mei 2022.

Meski begitu, masa hidup InSight berlangsung hampir dua kali lebih lama dari yang diantisipasi semula dan dalam masa hidupnya, penjelajah berhasil mendeteksi lebih dari 1.300 gempa di Planet Merah.

Baru-baru ini pendarat mendeteksi gempa terbesar di sana, merupakan gempa terbesar yang pernah terdeteksi di dunia lain. Misi tersebut mengumpulkan data yang belum pernah ada sebelumnya tentang struktur dan interior Mars.

Panel surya InSight semakin tertutup debu Mars. Tim telah lama berharap iblis debu dapat membersihkan debu dari panel, seperti yang terjadi pada penjelajah Spirit dan Opportunity Mars. Sayangnya hal seperti itu tidak terjadi.

Karena debu Mars diisi dengan listrik statis, maka mereka memanfaatkan sifat magnetik pada hari-hari berangin untuk membersihkan panel.