Hutan Purba Ditemukan Tersembunyi di Balik Lubang Raksasa

Hutan purba ditemukan tersembunyi di balik lubang raksasa di China.
Hutan purba ditemukan tersembunyi di balik lubang raksasa di China.
Sumber :
  • metro.co.uk

VIVA – Penjelajah gua menemukan hutan purba yang luas tersembunyi di bawah saluran pembuangan besar atau sinkhole raksasa di Desa Ping'e, Guangxi, China. Saluran pembuangan itu memiliki kedalaman 192 meter, panjang 304 meter, dan lebar 149 meter.

Hal ini disampaikan oleh Zhang Yuanhai dari Institut Geologi Karst Akademi Ilmu Geologi China, seperti dikutip dari situs Metro, Minggu, 22 Mei 2022.

"Kami sampai turun hingga ratusan meter ke dalam lubang pembuangan sebelum berjalan selama beberapa jam untuk mencapai dasar lubang tersebut," jelas dia.

Di dasar lubang pembuangan, mereka menemukan hutan dengan pohon-pohon purba setinggi 40 meter. Pohon-pohon dalam hutan itu tumbuh sangat rapat dan tingginya mencapai puncaknya.

Yuanhai bersama para peneliti menuturkan lubang pembuangan seperti itu bisa menjadi rumah bagi spesies flora dan fauna yang belum ditemukan.

Lubang pembuangan yang dalam bahasa Mandarin disebut "tiankeng" biasa ditemukan di China Selatan karena lanskap alamnya. Lanskapnya yang didominasi karst, terbentuk ketika air hujan meluruhkan bebatuan.

Pada kesempatan terpisah, Direktur Eksekutif Institut Penelitian Gua dan Karst Nasional di New Mexico, George Veni, mengaku tidak kaget mengetahui ada spesies yang ditemukan di gua-gua sedalam itu dan belum pernah dilaporkan atau dijelaskan oleh sains sampai sekarang.