Kalau Bisa 'Cashless' Mengapa Harus Antre

Ilustrasi transaksi nontunai atau cashless.
Ilustrasi transaksi nontunai atau cashless.
Sumber :
  • Entrepreneur

VIVA – Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir mendorong percepatan digitalisasi di sektor pendidikan. Hal tersebut sebagai strategi menghadapi disrupsi digital.

Menurutnya, sektor pendidikan merupakan salah satu fokus utama pemerintah untuk terus dikembangkan tahun ini, di mana peningkatan mutu pendidikan diyakini dapat mendukung lahirnya talenta terbaik bangsa di masa mendatang.

Ia juga berpesan bahwa tantangan generasi muda Indonesia adalah harus siap menghadapi perubahan dan melek teknologi.

"Saat ini, tantangan generasi muda Indonesia adalah harus mempersiapkan diri di era digital dan menghadapi perubahan dengan menjadi bagian dari perubahan itu sendiri," kata Menteri BUMN Erick Thohir, Sabtu, 21 Mei 2022.

Perkembangan teknologi kini semakin mempermudah berbagai aspek kehidupan tak terkecuali di bidang keuangan pendidikan.

Jika lazimnya para orangtua murid harus datang ke sekolah dan mengurus administrasi secara manual, sekarang semuanya bisa dilakukan secara virtual atau jarak jauh.

Salah satunya melakukan pembayaran administrasi sekolah dengan metode cashless atau nontunai. Hal ini sudah diterapkan oleh SMK PGRI 1 Jakarta. Dengan demikian, kontak fisik secara langsung dapat dihindari sebagai upaya meminimalisir penularan COVID-19 di masa pandemi.