7 Aplikasi Scan Foto Terbaik untuk Pengguna Android dan iOS

Tap Scanner
Sumber :
  • Tangkapan Layar

VIVA – Ada beberapa aplikasi scan foto yang bisa dengan mudah ditemukan di toko aplikasi seperti Google Play Store maupun Apple App Store. Aplikasi tersebut tentu saja sangat membantu mengenai urusan administrasi yang belakangan ini dilaksanakan secara online, misalnya dengan membuat salinan digital dari dokumen yang sudah dicetak. Di mana kita harus mengunggah dokumen yang diperlukan ke sebuah halaman website yang sudah disediakan.

Pemkot Depok Sediakan 878 Titik Wifi Gratis Tanpa Password, Cek Posisinya

Beruntung untuk kita semua yang hidup di era dengan kecanggihan teknologi. Kita bisa melakukan upload dokumen, foto, dan lain sebagainya dengan cepat, dan bisa juga diunggah dengan memakai ponsel. Namun, tidak sedikit orang yang belum mengetahui tentang cara supaya kita bisa melakukan scan foto dengan memakai ponsel. Karena biasanya format yang diminta beraneka macam, misalnya PDC, DOC, atau PPT. 

Sementara di ponsel kita belum ada aplikasi bawaan yang bisa melakukan scan dokumen atau foto sendiri. Nah, untuk kamu yang mempunyai permasalahan tersebut, jangan khawatir, karena VIVA sudah merangkum dari berbagai sumber tentang aplikasi scan foto secara gratis. Bahkan, beberapa aplikasi di bawah ini bisa dipakai oleh semua perangkat ponsel pintar, baik Android maupun iOS.

Ketemu Sampai Ngobrol Santuy Sama Lisa BLACKPINK, Angga Yunanda: Sebuah Kehormatan

1. CamScanner

CamScanner

Photo :
  • Tangkapan Layar
Bawaslu Surati KPU 3 Kali soal Kontroversi Data Sirekap, Ini Isinya

CamScanner adalah sebuah aplikasi scan foto gratis yang bisa diunduh di Google Play Store maupun App Store. Aplikasi ini juga mendapatkan rating yang tinggi di App Store dengan nilai 4.9 dan Play Store dengan nilai 4.7. CamScanner adalah aplikasi yang dikembangkan oleh developer INTSIG Information Co., Ltd. 

Seperti yang sudah disinggung, aplikasi ini menyediakan fitur untuk membuat hard copy menjadi soft copy. CamScanner ini mempunyai banyak sekali fitur mode scan, konverter PDF, dan membagikan file ke berbagai platform media sosial. Sehingga kamu bisa dengan mudah menyimpan foto yang di-scan ke dalam format dokumen apa saja. 

2. Adobe Scan

Adobe Scan

Photo :
  • Tangkapan Layar

Aplikasi scan foto berikutnya adalah Adobe Scan yang mempunyai rating cukup tinggi dengan angka 4.8 hingga 4.9 dari lima di App Store dan Google Play Store. Aplikasi tersebut juga dikembangkan oleh developer Adobe Inc dan mempunyai ukuran 158 Mb di iOS dan 29 MB untuk pengguna Android. Kamu bisa mengunduhnya secara gratis di kedua toko aplikasi tersebut. 

Adobe Scan ini adalah sebuah aplikasi yang bisa dengan mudah mengubah dokumen hard file apa saja menjadi bentuk soft file dengan format sesuai keinginan. Maka dari itu, aplikasi ini begitu penting untuk dipakai bagi kalian yang berkutat dengan urusan administrasi. Uniknya, aplikasi ini juga dilengkapi dengan Grayscale atau bisa memakai warna hitam putih. 

3. Swift Scan

Swift Scan

Photo :
  • Tangkapan Layar

Swift Scan adalah aplikasi scanner gratis yang bisa dipakai oleh siapa saja. Selain bisa dipakai untuk memindai dokumen, aplikasi tersebut juga dapat dipakai untuk memindai kode QR. Aplikasi ini mempunyai fitur-fitur lengkap seperti untuk memindai dokumen dengan kualitas tinggi, fitur untuk membagikan file lewat email, serta mengunggah ke berbagai penyimpanan cloud. 

SwiftScan ini adalah hasil dari developer Maple Media LLC dan mendapatkan rating 4.6 dari dalam Google Play Store dan 4.8 dari lima di Apple App Store. Sementara untuk ukurannya, SwiftScan ini mempunyai ukuran 66 MB di Android dan 234,7 MB di iOS. Kamu bisa mengunduh secara gratis di Google Play Store maupun Apple App Store. 

4. Photomyne

Photomyne

Photo :
  • Tangkapan Layar

Salah satu keuntungan yang akan diperoleh bila kamu memakai pemindai yang satu ini adalah kemampuan untuk memindai banyak foto sekaligus. Photomyne bisa melakukan hal yang sama, membuat pemindaian dengan cepat dan mengidentifikasi gambar secara terpisah di setiap bidikan kamera. 

Aplikasi ini tentu saja bisa menjadi salah satu penghemat waktu yang ideal ketika mencoba untuk mendigitalkan gambar yang ditemukan ke dalam album berisi banyak halaman yang berisi foto fisik. Sementara itu, untuk skor penilaian aplikasi ini di Google Play Store mencapai 4.3 dari lima dan Apple App Store mencapai angka 4.8 dari lima. 

5. Office Lens

Office Lens

Photo :
  • Tangkapan Layar

Bila kamu ingin pemindaian foto dengan resolusi tinggi, maka kamu harus memiliki aplikasi Microsoft Office Lens karena mempunyai prioritas utama dalam hal tersebut. Walaupun dalam deskripsi mengatakan kata kuncinya adalah produktivitas, dokumen, dan bisnis, tapi aplikasi scan foto ini juga dilengkapi dengan mode pengambilan gambar yang tak menerapkan saturasi dan kontras. 

Hal tersebut sangat ideal untuk mengenali teks dalam dokumen. Tapi yang paling penting, Office Lens memungkinkan kamu untuk memilih resolusi pemindaian kamera, fitur yang bisa dihilangkan oleh aplikasi pemindai yang lain, semaksimal mungkin yang bisa kamu lakukan melalui perangkat. 

6. Google PhotoScan

Google PhotoScan

Photo :
  • Tangkapan Layar

Aplikasi yang satu ini tentu saja sesuai dengan kebutuhan kamu dalam memilih aplikasi scan foto. Google PhotoScan ini memiliki antarmuka yang sederhana sehingga mudah dipahami. Aplikasi ini juga akan meminta kamu untuk memosisikan foto di dalam frame sebelum menekan tombol rana. 

Ketika empat titik putih muncul, tugas kamu adalah untuk menggerakkan ponsel supaya bagian tengahnya sejajar dengan setiap titik, satu per satu. PhotoScan akan mengambil lima jepretan dan menggabungkannya. Dengan begitu, kamu bisa mengoreksi perspektif dan juga bermanfaat untuk menghilangkan glare. 

7. Tap Scanner

Tap Scanner

Photo :
  • Tangkapan Layar

Aplikasi scan foto yang terakhir adalah Tap Scanner. Aplikasi ini bisa kamu unduh secara gratis di semua toko aplikasi, baik Google Play Store maupun Apple App Store. Aplikasi ini mempunyai fitur scan dokumen dengan kualitas tinggi, QR scanner, dan juga dilengkapi dengan berbagi file dengan mudah.

TapScanner ini adalah aplikasi yang dikeluarkan oleh developer Smart Media Internet Marketing LTD dengan ukuran aplikasi yang mencapai 80 MB untuk pengguna iOS dan 25 MB untuk pengguna Android. Aplikasi ini juga mempunyai rating cukup tinggi yaitu mencapai 4.7 dari ;ima untuk iOS dan 4.8 dari lima untuk pengguna Android. Kamu juga bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis di kedua toko aplikasi tersebut. 

TikTok Shop resmi gabung dengan Tokopedia.

Migrasi TikTok Shop ke Tokopedia Dikawal Ketat Kemendag, Ekonom: Dorong Digitalisasi UMKM

Kementerian Perdagangan menyebutkan bahwa proses migrasi Tiktok shop ke Tokopedia terus menunjukkan perkembangan yang positif.

img_title
VIVA.co.id
18 Maret 2024