5 Fakta Green Monkey, Hewan Termahal di Dunia

Monyet Hijau atau Green Monkey.
Monyet Hijau atau Green Monkey.
Sumber :
  • flickr

VIVA – Fakta Monyet Hijau atau Green Monkey hewan termahal di dunia yang ditemukan di Senegal, Afrika Barat, dan dari Gambia ke Sungai Volta. Hewan ini berasal dari pulau-pulau Tanjung Verde di selatan Afrika barat laut dan pulau-pulau India barat St. Kitts, Nevis, St. Martin dan Barbados.

Mereka diberi nama Monyet Hijau karena warna hijau di bulu emas mereka. Mereka sendiri adalah spesies yang sangat dimangsa. Menjadi hewan sosial, kera primata ini dapat hidup dalam kelompok dengan struktur sosial yang menonjol yang telah menentukan jantan dewasa alfa. Habitat mereka telah mengalami kerusakan yang signifikan, dan meskipun spesies yang paling tidak diperhatikan oleh IUCN, populasi mereka menunjukkan tren yang menurun. Mereka termasuk dalam genus Chlorocebus, dan terkadang ketujuh anggota genus ini dianggap sebagai spesies tunggal, Chlorocebus aethiops. Simak fakta-fakta hewan termahal di dunia Green Monkey atau Monyet Hijau. 

1. Habitat dan Gaya Hidup

Monyet Hijau atau Green Monkey

Monyet Hijau atau Green Monkey

Photo :
  • flickr

Fakta pertama tentang Green Monkey adalah tentang habitat dan gaya hidupnya. Monyet Hijau adalah hewan yang sangat sosial, hidup dalam kelompok yang terdiri dari 20 - 50 hewan. Seperti kebanyakan monyet lainnya, kelompok ini memiliki anggota yang stabil dan sementara. Inti dari setiap kelompok terdiri dari banyak keluarga, yang pada gilirannya terdiri dari betina dewasa yang berkerabat dekat dengan anak-anak mereka.

Menurut animalia.bio, ketika mencapai kedewasaan, jantan muda pergi untuk bergabung dengan kelompok lain, sedangkan betina terus hidup dengan kelompok kelahirannya. Ketika mencoba untuk bergabung dengan kelompok baru, para pejantan muda ini sering menghadapi agresi dari para anggotanya. Oleh karena itu, mereka lebih suka bergaul dengan teman sebaya atau saudara laki-laki dari pihak ibu. Laki-laki sering berpindah antar kelompok beberapa kali sepanjang hidup mereka. Meskipun spesies teritorial, monyet hijau cenderung tidak terlibat dalam konfrontasi serius. Primata ini adalah makhluk diurnal. Puncak aktivitas terjadi pada pagi dan sore hari. Monyet hijau umumnya terestrial, tetapi kadang-kadang tidur di pohon. Selain itu, mereka diketahui mencari perlindungan di pohon ketika terancam.

2. Nutrisi