Penting Banget, 6 Makanan Ini Bisa Dongkrak Imun Tubuh

Sistem imun tubuh.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Sistem imun yang baik dan kuat menjadi perhatian utama di tengah pandemi COVID-19, dan beberapa penyakit seperti hepatitis akut misterius yang lagi menimpa sejumlah negara, termasuk Indonesia.

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Namun begitu, adakah makanan yang dapat meningkatkan imun tubuh? Seperti dikutip dari situs Livescience, Senin, 23 Mei 2022, berikut deretan makanan yang bisa meningkatkan imun tubuh.

Pertama, buah-buahan yang mengandung berbagai macam vitamin, mineral, dan senyawa aktif biologis. Ada juga buah tertentu yang memiliki imunoprotektif yang lebih kuat dibandingkan buah yang lain.

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Misalnya, buah citrus seperti jeruk dan lemon, yang mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Kedua, sayur-sayuran yang mengandung berbagai macam vitamin, mineral, nutrisi, serta kaya akan prebiotik dan serat.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal konsumen bisa menggabungkan beberapa sayuran (atau nge-mix) untuk dikonsumsi.

10 Makanan Wajib Dihindari Jika Ingin Awet Muda Seperti Ade Rai, Nomor 2 Paling Sulit

Sebagai contoh cabai, yang kaya vitamin C, brokoli yang sangat baik untuk proses detoksifikasi, dengan sayuran hijau seperti kale dan bayam, yang kaya akan antioksidan dan anti kanker.

Ketiga, jamur yang kaya akan kandungan vitamin B dan selenium. Keduanya sangat dibutuhkan untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Dari sekian banyak jenis jamur, yang paling terkenal adalah Jamur Shiitake yang dipercaya jika dikonsumsi secara rutin dapat meningkatkan sel darah putih dan produksi antibodi di dalam tubuh.

Keempat, makanan berfermentasi. Makanan jenis ini mengandung banyak bakteri baik yang sering disebut dengan probiotik.

Fungsinya antara lain meningkatkan sistem imun tubuh dan jumlah sel darah putih. Kelima, seafood. Berdasarkan riset yang dipublikasikan oleh Frontiers in Nutrition, mengonsumsi ikan secara rutin dapat membuat usus lebih sehat dan menurunkan risiko inflamasi pada tubuh.

Terakhir, rempah-rempah. Selain berfungsi untuk meningkatkan cita rasa dari suatu makanan, rempah-rempah juga berfungsi untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Contohnya, lada hitam yang mengandung antibakteri.

Tapi ingat, selain mengonsumsi makanan sehat, jangan lupa menerapkan gaya hidup yang sehat dan teratur. Rutinlah berolahraga dan meningkatkan aktivitas fisik, memprioritaskan dan meningkatkan kualitas tidur, serta menjaga tingkat stres agar tetap terkendali.

Laporan: Muhammad Naufal

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya