Cara Perkuat Sinyal Wifi HP dan Laptop, Koneksi Auto Ngebut

Akses internet.
Sumber :
  • Unsplash

VIVA – Di era serba digital ini banyak orang yang pekerjaannya sangat bergantung dengan internet. Selain bekerja, internet juga kerap digunakan sebagai media pembelajaran dan hiburan. Dengan begitu hampir segala aspek dalam kehidupan masa kini menggunakan internet. 

Kemenkominfo Menggelar Nobar Webinar "Mengenal Literasi Digital Sejak Dini"

Sekarang koneksi internet tanpa kabel atau yang dikenal dengan nama wifi dengan mudah ditemukan, termasuk di rumah sendiri. Namun sayang, kecepatan wifi terkadang melambat sampai menghambat produktivitas harian.

Tapi tentu segala masalah pasti ada solusinya. Termasuk soal sinyal wifi yang lemah. Ikuti langkah di bawah ini untuk memperkuat sinyal wifi HP dan laptop.

Kemenkominfo Mengadakan Nonton Bareng Webinar "Mengenal Literasi Digital Sejak Dini"

Cara memperkuat sinyal wifi di HP

Ilustrasi berjualan pulsa melalui aplikasi di ponsel

Photo :
  • Freepik
Kemenkominfo Menyelenggarakan Webinar "Waspada Rekam Jejak Digital di Internet"

1. Jauhkan HP dan router wifi dari benda berbahan logam

Rupanya penggunaan case pada ponsel dapat memperlambat kecepatan wifi, loh. Apalagi case dengan bahan yang mengandung logam. Tak cuma case, benda-benda di sekitar router wifi yang berbahan logam pun bisa memicu tidak stabilnya wifi.

Alasan logam dapat mengganggu sinyal wifi sebab ia merupakan konduktor yang sifatnya menyerap listrik. Sinyal wifi bekerja dengan melepaskan gelombang elektromagnetik, permukaan logam atau benda yang berbahan logam otomatis akan mencegah gelombang menyebar. Maka dari itu, jauhkan ponsel dan router wifi-mu dari logam.

2. Perbarui firmware ponsel

Firmware merupakan bagian kecil dari perangkat lunak pada alat elektronik yang membantu perangkat keras untuk menjalankan sesuai dengan fungsi. Fitur perbarui firmware hanya terdapat pada ponsel Android. 

Jika koneksi wifi di HP-mu lambat, penyebabnya barangkali firmware yang sudah ketinggalan zaman. Cara memperbarui firmware yakni pilih menu Settings > About Phone > System/Software Update.

3. Ganti frekuensi wifi

Pada HP Android versi lama, frekuensi wifi yang digunakan masih 2.4 GHz. Sebenarnya kecepatan pada frekuensi ini sudah cukup cepat dan memiliki jangkauan sinyal wifi yang luas. 

Tetapi frekuensi 2.4 GHz ini sudah terlalu banyak digunakan oleh orang sehingga kamu harus ‘rebutan’ demi mendapatkan koneksi yang stabil.

Ubahlah frekuensi wifi pada HP-mu ke 5 GHz dengan cara Settings > Wifi > Advanced Settings > Wifi Frequency Band.

Cara memperkuat sinyal wifi di Laptop

Ilustrasi menggunakan internet di laptop.

Photo :
  • Freepik

1. Ubah wireless card

Terdapat lima tipe wireless card untuk laptop dan komputer yaitu Wireless A, B, G, N, dan AC. Jenis A, B, dan G adalah wireless card dengan teknologi lama yang kecepatannya masih lambat. Sementara N dan AC merupakan jenis terbaru yang sudah didukung oleh teknologi canggih.

Selain wireless card pada laptop atau komputer, perhatikan pula wireless card yang terdapat pada router wifi rumahmu. Pilih wireless card terbaru agar koneksi wifi lancar.

Wireless card adalah perangkat yang berfungsi untuk menerima sinyal dari perangkat lain agar dapat terhubung ke jaringan internet tanpa menggunakan kabel.

2. Jauhkan laptop dan router dari perangkat elektronik lain

Keberadaan alat elektronik yang menggunakan bluetooth di sekitarmu juga mempengaruhi kualitas sinyal wifi. Kondisi ini dapat disebabkan oleh modul wifi dan bluetooth pada perangkat berada di frekuensi yang sama, berbagi pita frekuensi sehingga bisa saling mengganggu bila digunakan bersamaan.

Maka dari itu, jauhkanlah berbagai perangkat bluetooth dari laptop dan router wifi-mu.

3. Gunakan wifi repeater

Wifi repeater atau penguat sinyal adalah alat untuk menangkap sinyal wifi kemudian memancarkannya kembali dengan sinyal yang lebih kuat. 

Alat ini cocok digunakan pada ruangan yang jauh dari router wifi atau tempat yang terdapat banyak penghalang seperti tembok. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya