8 Aplikasi Anti Virus Gratis, Kamu Wajib Punya

Ilustrasi Anti Virus.
Sumber :
  • pixabay

VIVA –  Aplikasi anti virus menjadi salah satu antisipasi yang bisa dilakukan para pengguna gadget, baik laptop, pc maupun handphone agar tidak kehilangan data-datanya. Di setiap gadget yang kamu miliki, tentu terdapat data-data penting dan pribadi yang sayang jika harus hilang begitu saja.

Desain TWS Ini Unik

Oleh karena itu, banyak yang melakukan berbagai cara agar data-data penting itu tetap aman dalam gadget seperti pada handphone dan laptop salah satunya.  Di mana data-data penting pada handphone dan laptop kerap kali hilang begitu saja, lantaran adanya banyak virus.

Oleh karena itu, untuk menangkal risiko buruk tersebut terjadi pada smartphone atau handphone kita, maka ada baiknya untuk selalu menjaga agar perangkat selalu aman. Sebut saja salah satunya dengan melakukan mengunggah aplikasi anti virus. Baik handphone, pc maupun laptop, penting rasanya memiliki salah satu jenis antivirus.

6 Fitur Kredit Kendaraan Bermotor yang Wajib Kamu Ketahui

Sesuai namanya, aplikasi anti virus merupakan sebuah aplikasi yang dapat menangkal virus agar tidak masuk atau memberi infeksi ke sebuah perangkat seperti handphone salah satunya. Untuk aplikasi anti virus sendiri, ada beberapa yang berbayar dan ada juga yang gratis. Anda cukup mengunduh, aplikasi anti virus bisa Anda gunakan secara cuma-cuma.

Lantas, aplikasi anti virus apa saja yang wajib dimiliki dalam handphone dan laptopmu? Berikut ulasannya.

Laptop yang Bisa Menangkap Sinyal WiFi Ratusan Meter Dijual di Indonesia

1. Bitdefender Anti Virus Free

Bitdefender berkomitmen untuk memberikan solusi keamanan yang inovatif dan efektif kepada pelanggannya. Seiring berkembangnya platform, begitu pula produk dan teknologi kami. Akibatnya, Bitdefender terus mengembangkan dan membentuk set solusinya.

Bitdefender Antivirus Free merupakan aplikasi antivirus yang cepat dan ringan untuk digunakan. Hal tersebut lantaran, memproteksi HP pengguna menggunakan teknologi “cloud scanning” sehingga tidak membuat HP pengguna jadi lemot.

Aplikasi ini akan secara otomatis memindai aplikasi yang baru diunduh dan melihat apakah ada virus ada malware yang “menumpang” atau tidak. Dengan menggunakan aplikasi ini maka para pengguna dijamin tidak akan merasa terganggu ketika melakukan aktivitas, seperti nonton film maupun browsing.

Salah satu bagian terbaik dari Bitdefender Antivirus Free adalah fakta bahwa aplikasi ini sangatlah aman dan selalu meminta izin kepada pengguna tiap kali ingin mengeksekusi tugas tertentu.

2. Smart Security

Smart Security merupakan aplikasi anti virus yang menawarkan tidak hanya untuk memproteksi HP dari serangan virus, tapi juga fitur untuk membuat HP jadi makin tidak lemot, salah satunya dengan menghapus file sampah.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dibekali dengan fitur untuk mematikan aplikasi atau proses yang berjalan di latar belakang, yang dianggap mempengaruhi performa HP.

Untuk fitur antivirusnya sendiri, aplikasi ini memindai dan mendeteksi berbagai macam virus, terutama yang rentan menjangkit HP. 

Aplikasi ini akan terus menerus memantau ancaman membahayakan entah itu virus atau malware, sekalipun dalam kondisi ditutup atau tidak digunakan. Sungguh menarik bukan kelebihan aplikasi anti virus ini?

3. Anti Virus

Anti Virus menjadi salah satu aplikasi anti virus terbaik untuk menangkal berbagai ancaman virus maupun malware. 

Anti virus bisa dengan cepat mendeteksi virus, malware, spyware dan berbagai aolikasi mencurigan yang berpotensi memberikan dampak buruk pada smarphone pengguna.

Proteksi anti virus ini bersifat real time. Oleh karena itu, pengguna tidak perlu khawatir akan virus sekalipun tidak sedang menggunakannya.

4. Anti Virus Mobile

Anti virus Mobile membawa fitur pemindaian berkelas disamping user-interface yang terlihat sederhana dan ringan. 

Selain fungsi utamanya sebagai antivirus, aplikasi ini juga digunakan untuk mengoptimalkan penggunaan memori atau RAM dan membersihkan file-file sampah yang menumpuk. 

Salah satu virus paling terkenal dari sering menyerang handphone Anda adalah Trojan, dan terkadang virus tersebut sulit untuk dihilangkan.

Untungnya, Antivirus mobile bisa mendeteksi dan menghapus virus seperti Trojan dengan bersih sampai ke akar-akarnya. 

Tidak hanya aktif ketika digunakan, Antivirus Mobile selalu aktif di latar belakang untuk secara otomatis mendeteksi dan menghapus virus, malware maupun adware.

5. Sophos Intercept X

Sophos Intercept X mnjadi  salah satu aplikasi unggulan yang dapat menjaga handphone Anda agar tidak terkena virus mematikan yang bisa menghilangkan data-data Anda. 

Aplikasi ini selalu mendapat persentase kualitas perlindungan yang mengesankan di situs AV Test dibanding sebagian besar aplikasi lainnya yang ada di daftar ini.

Sophos menawarkan kelebihannya sebagai aplikasi antivirus gratis yang bebas iklan, namun dilengkapi dengan fitur lengkap dan tidak membuat HP pengguna jadi lemot. 

Selain proteksi terhadap virus, Sophos juga menghadirkan fitur-fitur seperti proteksi terhadap malware, web filtering, link checker, pemblokiran konten mencurigakan yang didapat dari internet dan pengecekan keamanan untuk kode QR yang dipindai.

6. Kaspersky Security Cloud

Kaspersky Security Cloud atau juga dikenal dengan Kaspersky Free Antivirus termasuk salah satu rekomendasi antivirus terbaik untuk laptop tanpa perlu membayar biaya langganan sepeserpun.

Antivirus ini dikembangkan oleh Kaspersky Lab., salah satu perusahaan pengembang perangkat lunak siber terkemuka. Untuk kamu yang awam terhadap komputer, antivirus ini sangat mudah digunakan karena menawarkan tampilan antarmuka yang simpel.

7. AVG Free Antivirus

AVG Free Antivirus merupakan salah satu antivirus terbaik windows 10 yang sangat layak dijadikan pertimbangan. Setelah resmi diakuisisi Avast Software pada 2016 silam, AVG sebagai merek antivirus semakin berkembang dengan memperkaya fitur keamanannya.

Namun perlu diingat, AVG versi gratis hanya menawarkan fitur-fitur dasar saja. Meski demikian, fitur tersebut sudah cukup dan sangat cocok digunakan untuk PC atau laptop yang lambat.

8. Avast Free Antivirus

Avast Free Antivirus kerap dinilai sebagai perangkat lunak antivirus populer karena kemampuannya yang terbukti bisa memberantas malware hingga serangan peretas. Selain menawarkan fitur pemindai virus, Avast versi ini juga menawarkan fitur CyberCapture untuk mengatasi ancaman virus dan Wi-Fi Inspector untuk mengamankan jaringan Wi-Fi. Avast juga dibekali dengan fitur Smart Scan, Game Mode, dan Behaviour Shield.


 

THR Blibli

Jangan Sampai Terlewat Ramadan Sale di Blibli, Promo Spesial Smartphone iPhone, Samsung dan Oppo

PT Global Digital Niaga Tbk. (BELI) atau Blibli turut serta dalam menyemarakkan bulan Ramadan dengan adanya program Tiap Hari Rayain (THR) Ramadan Bersama Blibli.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024