10 Tsunami Paling Mematikan di Dunia, Salah Satunya di Aceh

Ilustrasi Tsunami.
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Tsunami adalah gelombang mematikan yang bisa menghancurkan semuanya. Sudah banyak tsunami yang menyebabkan kehancuran pada apapun yang menghalangi jalannya. Tsunami ini berbentuk serangkaian gelombang yang disebabkan oleh perpindahan volume air yang besar umumnya di lautan atau danau besar. Penyebab tsunami bisa apa saja, termasuk gempa bumi, letusan gunung berapi, atau ledakan bawah laut. 

Gunung Kidul Yogyakarta Diguncang Gempa, Getaran Terasa hingga Pacitan

Tak heran jika tsunami dapat menyebabkan banyak kerusakan dan kini telah tercatat dengan jelas. Tsunami dengan runup tertinggi adalah megatsunami Teluk Lituya tahun 1958, yang memiliki ketinggian memecahkan rekor yaitu 524 meter atau 1.719 kaki. Bencana alam yang satu ini adalah yang paling ditakutkan oleh semua orang karena sering merenggut nyawa banyak orang dan meluluhlantakkan semua yang dilewatinya. 

Nah, berikut rangkuman VIVA tentang tsunami paling mematikan di dunia seperti disadur dari laman Jagranjosh

Gempa Susulan Masih Terus Muncul, Jumlah Pengungsi di Pulau Bawean Kian Bertambah

1. Aceh, Indonesia- 26 Desember 2004

Gempa dengan kekuatan 9,1 SR yang melanda pantai Sumatera tepatnya di Aceh, terjadi pada kedalaman 30 km. Zona patahan yang menyebabkan tsunami ini memiliki panjang sekitar 1300 km. Tsunami berikutnya sangat tinggi. Jaraknya hampir 50 meter dan mencapai 5 km ke pedalaman dekat Meulaboh, Aceh. Tsunami ini mencatat kerugian hampir US$10 miliar dengan hampir 230.000 orang tewas.

Top Trending: Arti Gempa Bulan Ramadhan Menurut Primbon Jawa, Jayabaya Ramalkan Pulau Jawa Ini

2. Lituya Bay Megatsunami - 9 Juli 1958

Gempa berkekuatan 7,8 hingga 8,3 SR dan intensitas Mercalli maksimum XI menyebabkan perpindahan 90 juta ton air ke teluk sempit Teluk Lituya di Alaska. Hal ini mengakibatkan megatsunami yang sebagian besar disebabkan oleh gempa di Sesar Fairweather.

Dampak gelombang terdengar 80 kilometer dari tempat itu dan megatsunami yang tiba-tiba ini mengakibatkan ketinggian maksimum 1.720 kaki di pintu masuk inlet Gilbert. Ini adalah tsunami paling mematikan yang tercatat hingga saat ini di Bumi.

3. Lisbon, Portugal - 1 November 1755

Gempa berkekuatan 8,5 SR menyebabkan serangkaian tiga gelombang besar yang melanda kota-kota di pantai barat Portugal dan selatan Spanyol. Tingginya mencapai 30 meter di beberapa tempat. Tsunami ini mempengaruhi gelombang bahkan di Carlisle Bay di Barbados di mana orang-orang melaporkan gelombang setinggi 1,5 meter. Tsunami menewaskan 60.000 orang di Portugal, Spanyol dan Maroko.

4. Tsunami Alaska - 1964

Ini adalah gempa terkuat yang pernah tercatat di Amerika Utara. Itu melanda Alaska Prince William Sound hampir 74 mil tenggara Anchorage. Itu adalah gempa berkekuatan 9,2 SR dan mengguncang Space Needle Seattle sejauh 1200 mil juga. Gempa ini memecahkan semua air, pipa gas dan berlanjut selama 4 menit. 

Segera setelah gempa berakhir, air meluap dan mengakibatkan serangkaian tsunami yang membuat penduduk setempat lebih sedikit waktu untuk bersiap-siap mengungsi. Gelombang besar menghancurkan desa-desa pesisir dan menerjang 1/3 dari populasi.

5. Pantai Pasifik Utara Jepang - 11 Maret 2011

Jepang dilanda tsunami dengan kecepatan 800 km per jam dengan gelombang setinggi 10 m yang menyapu pantai timurnya sampai menewaskan lebih dari 18.000 orang. Gempa berkekuatan 9,0 SR mengakibatkan tsunami ini berada di kedalaman hingga 24,4 km sehingga menjadi gempa terbesar keempat yang pernah tercatat. 

Sekitar 452.000 orang dipindahkan ke tempat penampungan, dan masih tetap mengungsi dari rumah mereka yang hancur. Jepang membutuhkan waktu lebih dari 5 tahun untuk memulihkan kerusakan yang mencapai US$235 miliar.

6. Krakatau, Indonesia – 27 Agustus 1883

Tsunami ini disebabkan oleh letusan gunung berapi kaldera Krakatau. Banyak gelombang yang dihasilkan setinggi 37 meter dan disebarkan oleh letusan dahsyat dan menghancurkan kota Anyer dan Merak. Dilaporkan bahwa laut surut pantai Bombay dan menewaskan satu orang di Sri Lanka juga. Sebanyak 40.000 orang tewas dalam peristiwa ini dengan 2000 kematian akibat letusan gunung berapi.

7. Tsunami Samudera Hindia - 26 Desember 2004

Tsunami ini juga dikenal sebagai Tsunami Boxing Day dan menghantam Samudera Hindia. Gempa tersebut disebabkan oleh adanya retakan di sepanjang patahan antara Lempeng Burma dan Lempeng India. Ombaknya mencapai setinggi 30 meter setelah menuju ke daratan.

Tsunami paling mematikan di dunia ini terhitung sebagai yang paling mematikan dari semua tsunami karena menewaskan hampir 227.898 orang di 14 negara. Efeknya terasa di Aceh (Indonesia), Sri Lanka, Tamil Nadu (India) dan Khao Lak (Thailand). Gempa tersebut bahkan menimbulkan getaran di Alaska.

8. Tsunami Bendungan Vajont - 9 Oktober 1963

Tanah longsor menyebabkan 50 juta meter kubik air meluap dari bendungan dalam gelombang setinggi 250 meter yang menyebabkan banjir besar dan kehancuran Lembah Piave di bawah bendungan. 

Diperkirakan 260 juta meter kubik batu pecah dari puncak Monte Toc, di perbatasan antara Veneto dan Friuli Venezia Giulia dan jatuh ke reservoir bendungan. Peristiwa ini menewaskan 2000 orang yang hampir sepertiga dari populasi Longrone.

9. Nankaido, Jepang - 28 Oktober 1707

Gempa berkekuatan 8,4 SR menyebabkan gelombang laut setinggi 25 meter di Pasifik menerjang Kyushu, Shikoku, dan Honshu. Mereka juga merusak Osaka. Sebanyak hampir 30.000 bangunan rusak dan terkena dampak sementara 30.000 lainnya orang tewas.

10. Sanriku, Jepang - 15 Juni 1896

Tsunami ini terjadi setelah gempa berkekuatan 7,6 SR yang diperkirakan melanda pantai Sanriku, Jepang. Dilaporkan di Shirahama telah mencapai ketinggian 38,2 meter dan merusak lebih dari 11.000 rumah dan menewaskan 22.000 orang. Tsunami paling mematikan di dunia ini juga menghantam pantai Cina hingga menewaskan 4000 orang di sana.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya