10 Tsunami Paling Mematikan di Dunia, Salah Satunya di Aceh

Ilustrasi Tsunami.
Ilustrasi Tsunami.
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Tsunami adalah gelombang mematikan yang bisa menghancurkan semuanya. Sudah banyak tsunami yang menyebabkan kehancuran pada apapun yang menghalangi jalannya. Tsunami ini berbentuk serangkaian gelombang yang disebabkan oleh perpindahan volume air yang besar umumnya di lautan atau danau besar. Penyebab tsunami bisa apa saja, termasuk gempa bumi, letusan gunung berapi, atau ledakan bawah laut. 

Tak heran jika tsunami dapat menyebabkan banyak kerusakan dan kini telah tercatat dengan jelas. Tsunami dengan runup tertinggi adalah megatsunami Teluk Lituya tahun 1958, yang memiliki ketinggian memecahkan rekor yaitu 524 meter atau 1.719 kaki. Bencana alam yang satu ini adalah yang paling ditakutkan oleh semua orang karena sering merenggut nyawa banyak orang dan meluluhlantakkan semua yang dilewatinya. 

Nah, berikut rangkuman VIVA tentang tsunami paling mematikan di dunia seperti disadur dari laman Jagranjosh

1. Aceh, Indonesia- 26 Desember 2004

Gempa dengan kekuatan 9,1 SR yang melanda pantai Sumatera tepatnya di Aceh, terjadi pada kedalaman 30 km. Zona patahan yang menyebabkan tsunami ini memiliki panjang sekitar 1300 km. Tsunami berikutnya sangat tinggi. Jaraknya hampir 50 meter dan mencapai 5 km ke pedalaman dekat Meulaboh, Aceh. Tsunami ini mencatat kerugian hampir US$10 miliar dengan hampir 230.000 orang tewas.

2. Lituya Bay Megatsunami - 9 Juli 1958

Gempa berkekuatan 7,8 hingga 8,3 SR dan intensitas Mercalli maksimum XI menyebabkan perpindahan 90 juta ton air ke teluk sempit Teluk Lituya di Alaska. Hal ini mengakibatkan megatsunami yang sebagian besar disebabkan oleh gempa di Sesar Fairweather.