Geger Ditemukan Fosil Buaya Misterius dan Naga Kematian

Ilustrasi fosil spesies hewan.
Ilustrasi fosil spesies hewan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Para ilmuwan berhasil menemukan dua fosil spesies yang membuat mereka terkaget-kaget. Keduanya pun ditemukan di dua negara yang berbeda.

Ilmuwan asal Universitas Tubingen, Jerman mengidentifikasi fosil spesies buaya misterius moncong panjang yang mereka percaya belum pernah diketahui sebelumnya. Fosil ini ditemukan dari situs di Na Duong, Vietnam.

Seperti dikutip dari situs Mashable, Kamis, 26 Mei 2022, bagian dari penemuan buaya moncong panjang dalam jenis gharial itu dinamakan Maomingosuchus acutirostris yang diperkirakan hidup antara 35 sampai 39 juta tahun silam.

Spesies ini tersebar dari Afrika Utara hingga Eropa Barat, lalu ke Asia Tenggara. Berdasarkan temuan dari studi yang dipublikasikan pada Journal of Systematic Palaentology, panjang tulang-belulang buaya misterius ini mencapai 4 meter.

Adapun keturunan dari buaya ini adalah Tomistoma schlegelii yang terdapat di Semenanjung Malaya, Kalimantan, Sumatera dan Jawa, serta Gavialis gangeticus di Nepal dan India. Sayangnya, kedua spesies ini diklasifikasikan sebagai yang terancam punah.

Meski begitu, belum cukup jelas kaitan yang pasti antara Maomingosuchus acutirostris dengan spesies buaya modern saat ini. Ilmuwan Jerman itu juga masih belum bisa memastikan hubungan genetik antara keduanya.

Namun, mereka meyakini, kendati berhabitat di Asia Tenggara pada 39 juta tahun lalu, namun spesies buaya sudah lebih lama ada. Bermula sejak 50 juta tahun lalu di Tethys Barat yang sekarang menjadi Laut Mediterania.