Dua Astronot Bakal Dikirim dan Tinggal 30 Hari di Mars

Ilustrasi koloni manusia di Planet Mars.
Sumber :
  • SpaceNews

VIVA – Badan Penerbangan dan Antariksa atau NASA berencana mengirim dua astronot ke Mars dan tinggal selama selama 30 hari di Planet Merah itu.

Astronot Muslim yang Sudah Mencicipi Luar Angkasa, Ada Sultan Beneran

Untuk melancarkan misi ini, mereka ingin publik menanggapinya melalui jajak pendapat yang dimulai sejak 17 Mei hingga 3 Juni 2022.

Direktur Arsitektur Luar Angkasa NASA Kurt Vogel mengaku ingin memaksimalkan peran sains dalam misi mengirim manusia ke Mars.

Kain Kafan Sutra Dipakai untuk Bungkus Jenazah di Luar Angkasa

"Kami juga mengizinkan mereka untuk berkeliling terlebih dahulu sebelum mereka beradaptasi dengan pakaian luar angkasa serta berjalan dalam 30 hari. Itu semua mengandalkan sains," kata dia.

NASA menargetkan untuk mengirim astronot ke Mars pada akhir 2030 atau awal 2040, seperti dikutip dari situs Space, Kamis, 26 Mei 2022.

NASA Cari Volunteer untuk Tinggal 1 Tahun di Mars, Ini Syaratnya

Misi ini jelas sangat menantang. Sebab, pendanaan dan teknologi akan bermain pada waktu yang tepat. Misalnya, waktu tempuh yang masih membutuhkan sekitar 500 hari memberikan jarak antara Bumi dan Mars.

Sebagaimana diketahui, atmosfer tetangga Bumi itu sangat tipis. Volumenya hanya satu persen dari atmosfer Bumi. Hal ini disebabkan karena ukuran Mars hanya setengah dari Bumi sehingga gaya gravitasinya tidak cukup kuat untuk menahan gas agar terlepas ke angkasa.

Sementara itu, gas yang paling berlimpah di atmosfer Mars adalah karbondioksida atau angkanya mencapai 96 persen. Sedangkan oksigen hanya sepersepuluh dari satu persen udara di Mars.

Tak ayal, angka ini sangat tidak cukup bagi manusia untuk menginjakkan, apalagi sampai bertahan hidup di Planet Merah tersebut.

Sejauh ini belum ada bukti kuat yang menunjukkan adanya tanda-tanda kehidupan di Mars. Selain udara yang sangat minim, air juga sangat langka serta cuacanya yang dingin ekstrem.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya