10 Fakta Ilmiah Berciuman yang Benar-benar Mengejutkan

Ilustrasi pasangan berciuman.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Fakta ilmiah berciuman mungkin tak banyak yang tahu, mereka hanya tahu jika ini menjadi salah satu kenikmatan bagi seseorang. Padahal banyak mengejutkan, jika kita ketahui tentang fakta berciuman.

Detik-detik 2 Pemuda Ditangkap Warga Gegara Dikira Bandar Narkoba, Polisi Ungkap Faktanya

Ciuman yang baik  dalam segala bentuknya tentu akan begitu terasa luar biasa. Kebanyakan orang menganggap, jika berciuman sebagai tindakan kasih sayang dan gairah di antara pasangan. Mereka benar, tapi berciuman, ketika Anda sampai ke dasar adalah tindakan menggosok wajah satu sama lain dan bertukar air liur. Dan ini memiliki banyak manfaat kesehatan yang sangat mengejutkan.

Berciuman

Photo :
  • Times of India
Rizky Irmansyah Ungkap Fakta Soal Putusnya dengan Nikita Mirzani, Rizky : Nanti Saya Buka Boroknya

Rekor Dunia Guinness untuk berciuman terlama ditetapkan pada 2013 oleh Ekkachai Tiranarat dan Laksana Tiranarat dari Thailand. Mereka berciuman selama 58 jam, 35 menit dan 58 detik. Kabar baiknya adalah Anda tidak harus bertahan selama ini – bahkan ciuman singkat akan berhasil.

Ciuman memiliki banyak tujuan selain dari yang paling jelas tentang bagaimana perasaan Anda . Ini menunjukkan siapa Anda, bagaimana Anda melihat diri sendiri, siapa yang Anda inginkan dari pasangan Anda; itu dapat menyembuhkan Anda, meningkatkan kekebalan Anda , menjaga kesehatan gigi Anda; dan bahkan dapat membantu Anda membakar (beberapa) kalori ekstra.

12 Fakta yang Diklaim Tak Terbantahkan Dibeberkan Kubu Ganjar-Mahfud pada Sidang PHPU

Berciuman lebih dari sekadar mengekspresikan keinginan untuk kedekatan. Ini juga merupakan mekanisme evolusioner untuk ikatan sosial. Bisakah ciuman sehari benar-benar menjauhkan dokter?  Duh daripada penasaran, simak berikut ini fakta ilimiah berciuman yang benar-benar mengejutkan, melansir dari theactivetimes.com

Ilustrasi adegan ciuman.

Photo :
  • U-Report


1. Namanya filematologi

Inilah yang disebut studi ilmiah tentang ciuman. Romantis tidak ada hubungannya dengan itu. Philos dalam bahasa Yunani kuno berarti cinta duniawi.

2. Puluhan otot terlibat

Orbicularis oris adalah kumpulan utama otot rangka yang terlibat . Itu salah satu yang memungkinkan bibir mengerut. Ciuman sederhana menggunakan sedikitnya 2 otot, sedangkan ciuman penuh gairah dapat melibatkan sebanyak 23 hingga 34 otot wajah dan 112 otot postural, menurut penelitian .

3. Membakar Kalori

Jika Anda tidak suka berolahraga, berciuman adalah cara lain untuk membakar kalori . Namun, bersiaplah bahwa mungkin diperlukan banyak ciuman untuk menurunkan berat badan. Bahkan ciuman "bersemangat" hanya membakar sekitar 6-7 kalori per menit. Tindakan berciuman menghabiskan hingga 26 kalori per menit.

4. Gigi Jadi Lebih Sehat

Air liur memiliki banyak sifat anti-bakteri karena mineral di dalamnya. Penelitian telah menunjukkan bahwa menjilati luka masuk akal secara ilmiah karena merupakan antiseptik alami . Seseorang mengeluarkan lebih banyak air liur saat berciuman, yang berarti pada dasarnya Anda membersihkan plak pada gigi, membantu mencegah kerusakan gigi, menurut penelitian .

5. Harapkan peningkatan kadar dopamin

Ini terutama benar jika itu adalah ciuman pertama dengan seseorang yang baru. Dopamin adalah salah satu dari empat hormon yang memiliki julukan "hormon bahagia," dan bertindak sebagai neurotransmitter. Peningkatan tingkat dopamin juga bertanggung jawab untuk Anda menginginkan lebih banyak ciuman.

6. Ciuman mentransfer jutaan bakteri dan mikroba

Sebanyak 10 juta hingga 1 miliar bakteri yang mewakili 278 spesies berbeda dapat dipertukarkan selama ciuman aktif. Juga, selama berciuman, orang menukar rata-rata 9 mL air, 0,7 mg protein, 0,18 mg senyawa organik, 0,71 mg lemak yang berbeda, dan 0,45 mg natrium klorida.

7. Jantung berdetak lebih cepat

Ini karena neurotransmiter epinefrin, adrenalin dan norepinefrin, yang dilepaskan oleh kelenjar adrenal, yang mendapat sinyal untuk melakukannya oleh otak selama berciuman. Mereka mempromosikan respons fight-or-flight.

8. Berciuman dapat membantu Anda melawan infeksi

Bakteri hidup yang Anda tukarkan dengan pasangan selama berciuman dapat membantu tubuh Anda melawan infeksi tertentu. Kuman bersama meningkatkan sistem kekebalan Anda. Anda memperkenalkan satu sama lain bakteri yang mungkin ditemui orang lain nanti, membuat tubuhnya lebih siap untuk melawannya.

9.  Bikin Hidup Lebih Lama

Penelitian yang dilakukan pada tahun 1960-an menunjukkan bahwa cara yang baik untuk meningkatkan harapan hidup seseorang adalah dengan memberi mereka ciuman sebelum mereka pergi bekerja. Pria yang mencium istri mereka selamat tinggal hidup sekitar lima tahun lebih lama, menghasilkan uang hingga 30 persen lebih banyak, dan merupakan bagian dari lebih sedikit kecelakaan mobil.

10. Pria menyebarkan testosteron

Pria cenderung memulai ciuman Prancis dan penelitian menunjukkan ini karena air liur mengandung testosteron dan ini meningkatkan dorongan seks pasangannya. “Ada bukti bahwa air liur mengandung testosteron,” kata antropolog Rutgers University Helen Fisher, “dan testosteron meningkatkan gairah seks. Dan ada bukti bahwa pria menyukai ciuman yang ceroboh dengan mulut yang lebih terbuka. Itu menunjukkan bahwa mereka secara tidak sadar mencoba mentransfer testosteron untuk merangsang dorongan seks pada wanita.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya