Dua Fitur Ini Berfungsi Mengamankan Kabel LRT

LRT Jabodebek.
LRT Jabodebek.
Sumber :
  • PT KAI

VIVA – Produsen kabel listrik premium, PT Sutrakabel Intimandiri (Sutrado Kabel), siap dukung suplai kabel proyek Lintas Raya Terpadu atau LRT jalur satu hingga tiga.

Sebelumnya, proyek suplai kabel oleh Sutrado Kabel rampung pada 2018, terutama pada suplai kabel low and medium voltage, grounding, bare copper conductors, serta BC cable.

Sejak 2019 hingga target penyelesaian pada Agustus 2022, Sutrado Kabel kembali dipercaya untuk pemesanan ulang suplai kabel di lokasi pembangunan proyek LRT lainnya yang mencakup jalur satu Cawang−Cibubur, jalur dua Cawang−Dukuh Atas, dan jalur tiga Cawang−Bekasi.

Adapun kebutuhan kabel LRT Project ini, yaitu untuk kabel BC kurang lebih 285 km, sedangkan low and medium voltage dan grounding sekitar 20 km.

“Dari kebutuhan tersebut hampir sebagian besar disuplai oleh Sutrado Kabel yang siap memenuhi kapasitas produksi,” kata Sales Manager Sutrado Kabel FM Jhoe Candra, Sabtu, 28 Mei 2022.

Kabel ini pun, lanjut dia, sebagian dilengkapi fitur armour yang berfungsi sebagai pelindung mekanis kabel dan fitur penahan api dan hanya sedikit mengeluarkan asap.

Hal tersebut merupakan salah satu pencapaian dengan memanfaatkan nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) untuk memenuhi pabrikan dalam negeri. Dalam memenuhi kualifikasi kebutuhan proyek LRT, Candra mengakui adanya tantangan yang cukup tinggi.