Terkuak, Ini 7 Misteri Kematian Steve Jobs Sang Penemu Apple

Steve Jobs.
Sumber :
  • U-Report

VIVAMisteri Kematian Steve Jobs , Pada tanggal 5 Oktober 2011, Steve Jobs meninggal setelah berjuang melawan kanker pankreas yang langka pada usia 56 tahun. Namun dia mungkin hidup lebih lama jika dia mencari perawatan medis yang tepat tepat waktu.

Bos Apple Tim Cook Injakkan Kaki di BSD Tangerang

Viva kali ini memberikan kamu informasi mengenai 7 misteri kematian Steve Jobs yang di kutip dari laman Allthatsinteristing, sebelum kematiannya ternyata Steve Jobs melakukan tindakan-tindakan yang menjadi misteri kematiannya:

1. Berobat Alternatif

Klaim Tangkis 99 Persen Serangan Rudal dan Drone Iran, Pakar Militer Sebut Israel Halu

Ketika salah satu pendiri Apple Steve Jobs pertama kali didiagnosis menderita kanker pankreas pada tahun 2003, dokternya menyarankan dia untuk mencari operasi sesegera mungkin.

Sebaliknya, ia menunda prosedur selama sembilan bulan dan berusaha mengobati dirinya sendiri dengan pengobatan alternatif. Keputusan yang menentukan ini mungkin telah mempercepat kematian Steve Jobs — ketika dia masih bisa diselamatkan.

Kematiannya Dianggap Tak Wajar, Makam Seorang Pria di Garut Dibongkar

Steve Jobs meninggal karena komplikasi kanker pankreas pada 5 Oktober 2011, hanya delapan tahun setelah diagnosis awalnya. Dia baru berusia 56 tahun ketika dia meninggal.

Dalam hidup, Steve Jobs terkenal karena berpikir secara berbeda. Di Apple, dia telah mendalangi produk yang mengubah dunia seperti komputer Macintosh, iPhone, dan iPad.

Kejeniusan Jobs berasal dari sifatnya yang menuntut, menuntut, dan kemampuannya yang luar biasa untuk berpikir di luar kotak. Namun tragisnya, ia menggunakan pola pikir yang sama untuk menghadapi kanker pankreasnya.

2. Tubuhnya Tidak Ingin Dibuka

Pada tahun 2003, Steve Jobs pergi ke dokter untuk batu ginjal. Tetapi para dokter segera melihat "bayangan" di pankreasnya. Mereka memberi tahu Jobs bahwa dia menderita tumor pulau neuroendokrin, suatu bentuk kanker pankreas yang langka.

Di satu sisi, itu adalah kabar baik. Orang yang didiagnosis dengan tumor pulau neuroendokrin umumnya memiliki prognosis yang jauh lebih baik daripada mereka yang memiliki bentuk kanker pankreas lainnya.

 Para ahli mendesaknya untuk mencari operasi sesegera mungkin. Tapi yang membuat cemas orang yang dicintainya, dia terus menundanya.

“Saya tidak ingin tubuh saya dibuka,” Jobs kemudian mengaku kepada Isaacson. “Saya tidak ingin dilanggar dengan cara seperti itu.”

3. Menyembuhkan Dengan Pola Makan

Sebaliknya, Jobs bersandar pada apa yang disebut Isaacson sebagai "pemikiran ajaib". Selama sembilan bulan, ia mencoba menyembuhkan penyakitnya dengan pola makan vegan, akupunktur, herbal, pembersihan usus, dan pengobatan lain yang ia temukan secara online.

Pada satu titik, dia bahkan menghubungi seorang paranormal. Jobs telah menghendaki seluruh perusahaan menjadi ada, dan dia tampaknya percaya dia bisa melakukan hal yang sama dengan kesehatannya.

4. Sempat Di Operasi

Tapi kankernya tidak kunjung sembuh. Akhirnya, Jobs setuju untuk dioperasi. Pada tahun 2004, dia mengakui kepada karyawan Apple bahwa tumornya telah diangkat.

"Saya memiliki beberapa berita pribadi yang perlu saya bagikan kepada Anda, dan saya ingin Anda mendengarnya langsung dari saya," tulis Jobs dalam email.

“Saya memiliki bentuk kanker pankreas yang sangat langka yang disebut tumor neuroendokrin sel pulau, yang mewakili sekitar 1 persen dari total kasus kanker pankreas yang didiagnosis setiap tahun, dan dapat disembuhkan dengan operasi pengangkatan jika didiagnosis tepat waktu (milik saya).”

5. Pengunduran Pidato Sebagai Pengumuman Publik

Steve Jobs muncul di acara Apple tampak kurus seperti biasa pada tahun 2008. Dan dia mengundurkan diri dari pidato utama pada tahun 2009. Sementara itu, baik Jobs dan Apple mengabaikan kekhawatiran tentang kesehatannya dan meremehkan masalahnya.

Apple mengklaim Jobs hanya memiliki "bug umum." Sementara itu, Jobs menyalahkan penurunan berat badannya karena ketidakseimbangan hormon. Pada satu titik, dia bahkan menyindir: "Laporan kematian saya sangat dilebih-lebihkan."

Tetapi pada awal 2009, Steve Jobs tidak dapat menyangkal penyakitnya lagi. Dia mengambil cuti medis dan memberi tahu karyawan Apple melalui email.

“Sayangnya, rasa ingin tahu tentang kesehatan pribadi saya terus menjadi gangguan tidak hanya bagi saya dan keluarga saya, tetapi semua orang di Apple juga,” tulis Jobs. “Selain itu, selama seminggu terakhir, saya telah belajar bahwa masalah kesehatan saya lebih kompleks daripada yang saya pikirkan sebelumnya.”

6. Tranplantasi Hati

Namun, The Wall Street Journal mengejutkan dunia pada Juni 2009 ketika mereka menyampaikan berita bahwa Jobs telah menjalani transplantasi hati di Tennessee. Meskipun rumah sakit awalnya menyangkal bahwa dia adalah seorang pasien, mereka kemudian mengaku merawatnya dalam sebuah pernyataan publik.

Mereka juga menambahkan, “Jobs adalah pasien paling sakit kronis dalam daftar tunggu pada saat organ donor tersedia.”

Meskipun Steve Jobs kembali bekerja setelah enam bulan pergi, ia terus berjuang dengan kesehatannya. Pada Januari 2011, ia mengambil cuti lagi. Pada bulan Agustus itu, dia telah mengundurkan diri sebagai CEO Apple.

7. Seleksi Perawat

Tetapi bahkan ketika Jobs semakin sakit, dia dengan keras kepala mempertahankan standarnya yang tinggi. Di rumah sakit, Jobs melewati 67 perawat sebelum menemukan tiga perawat yang dia sukai. Namun, pada bulan Oktober, tidak ada lagi yang bisa dilakukan para dokter.

Pada tanggal 5 Oktober 2011, Steve Jobs meninggal, dikelilingi oleh keluarganya, di rumahnya di Palo Alto, California. Penyebab resmi kematiannya adalah henti napas terkait tumor pankreasnya.

Kemudian, penulis biografinya akan mengungkapkan berapa lama dia menunda operasi dan betapa dia menyesali keputusan itu.

Nah itu Fakta Misteri Kematian Steve Jobs yang harus kamu ketahui…

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya