6 Fakta Unik Gajah yang Jarang Diketahui

Gajah
Sumber :
  • unsplash,com

VIVA – Gajah merupakan hewan yang lembut serta memikat hati dan imajinasi. Gajah sangat ikonik dengan belalai dan gadingnya yang sangat terkenal. Namun, ternyata ada fakta unik gajah yang beberapa tidak diketahui. Makhluk hidup ini sangat besa. Gajah Asia bahkan memiliki berat hingga enam ton dengan tinggi mencapai lebih dari 11 kaki. Sedangkan untuk gaja Afrika beratnya bisa menyentuh enam setengah ton dan tinggi berkisar antara delapan hingga 13 kaki. 

Soetta Jadi Bandara Tersibuk di Asia Tenggara

Selain fisiknya yang besar, gajah juga terkenal panjang umur. Menurut Tree Hugger, baik gajah Asia dan Afrika memiliki rentang hidup 60 hingga 70 tahun. Simak di bawah ini enam fakta unik gajah yang menarik. 

1. Belalai Gajah 

Bakal ke Uganda Resmikan Masjid, Ivan Gunawan Siap Tempuh Perjalanan Darat 10 Jam

Gajah

Photo :
  • unsplash,com

Fakta unik gajah yang pertama adalah memiliki sekitar 150.000 unit otot di belalainya. Belalai mereka mungkin merupakan organ paling sensitif yang ditemukan pada mamalia mana pun, gajah Asia terlihat mengambil kacang, mengupasnya, meniup cangkangnya, dan memakan kacangnya.

Diplomasi Stadion Tiongkok, Eksploitasi Ekonomi atau Kemitraan Murni di Afrika?

Dikutip dari WWF, gajah menggunakan belalainya untuk menyedot air untuk diminum bahkan dapat menampung hingga 8 liter air. Mereka juga menggunakan belalainya sebagai alat snorkel saat berenang.

2. Gajah Menggunakan Lumpur Sebagai Sunscreen

Gajah

Photo :
  • unsplash,com

Fakta unik gajah selanjutnya adalah menggunakan lumpur sebagai tabir surya atau sunscreen mereka. Sungai atau danau bukan hanya tempat minum, tapi spa gajah. Menurut Toucan Box, kulit gajah terlihat keras tetapi sensitif dan bisa terbakar sinar matahari. Itu sebabnya gajah berguling-guling di lumpur. Ini mendinginkan mereka dan menciptakan lapisan pelindung pada kulit mereka. Gajah juga menikmati "mandi" dan menggunakan belalainya untuk menyemprotkan air ke punggungnya. Kemudian mereka membersihkan diri dengan pasir dan mereka siap untuk pergi.

3. Gajah adalah Hewan yang Peduli dan Sosial

Gajah

Photo :
  • unsplash,com

Gajah menyukai bergerombol. Betina dewasa dan bayi gajah bepergian dalam kawanan yang diperintah oleh seorang matriark (ratu gajah). Jantan dewasa hidup sendiri atau dalam kelompok kecil. Gajah berpelukan dengan membungkus belalainya. Menurut Toucan Box, gajah juga dapat menggunakan belalainya untuk membantu mengangkat anak gajah melewati rintangan atau dengan lembut mengangkat bayi yang baru lahir untuk berdiri. Jika teman gajah terjebak dalam lumpur, mereka akan menggunakan belalainya untuk mencoba menyelamatkannya.

4. Gajah Adalah Perenang yang Hebat

Gajah sedang berenang

Photo :
  • unsplash,com

Fakta unik gajah ini mungkin tidak mengejutkan bahwa gajah senang bermain di air. Mereka terkenal karena memercikkan dan menghujani diri mereka sendiri dan orang lain dengan semprotan dari belalai mereka. Dikutip dari Tree Hugger, tetapi mungkin mengejutkan mengetahui bahwa hewan besar ini juga cukup pandai berenang.

Gajah memiliki daya apung yang cukup untuk tetap berada di permukaan dan menggunakan kaki mereka yang kuat untuk mendayung. Mereka juga menggunakan belalainya sebagai alat snorkel saat melintasi perairan yang dalam sehingga mereka dapat bernapas dengan normal bahkan saat terendam. Berenang adalah keterampilan yang diperlukan gajah saat mereka menyeberangi sungai dan danau saat mencari makanan.

5. Gajah Memiliki Keterampilan Matematika

Gajah

Photo :
  • unsplash,com

Gajah Asia mungkin salah satu makhluk terpintar di dunia hewan dalam hal matematika. Para peneliti di Jepang berusaha melatih gajah Asia menggunakan panel layar sentuh komputer. Menurut Tree Hugger, salah satu dari tiga gajah, ketika disajikan dengan jumlah yang berbeda, dapat memilih panel yang menampilkan lebih banyak buah.

Perlu dicatat bahwa hanya gajah Asia yang terbukti memiliki kemampuan ini. Para peneliti berpendapat bahwa pemisahan spesies gajah Afrika dan Asia 7,6 juta tahun yang lalu mungkin menghasilkan kemampuan kognitif yang berbeda. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa rata-rata EQ adalah 2,14 untuk gajah Asia, dan 1,67 untuk gajah Afrika.

6. Masih Kerabat dengan Hyrax

Hyrax, masih kerabat dengan gajah

Photo :
  • pixabay

Fakta unik gajah yang sekaligus mengejutkan adalah masih ada hubungan dengan hewan mungil hyrax. Berdasarkan ukurannya saja, mengejutkan untuk mengetahui bahwa kerabat terdekat gajah yang masih hidup adalah spesies hyrax, herbivora kecil berbulu asli Afrika dan Timur Tengah yang terlihat mirip dengan hewan pengerat. Hewan lain yang terkait erat dengan gajah termasuk manate dan dugong (mamalia laut yang terlihat seperti manatee).

Menurut hyrax, terlepas dari penampilannya, hyrax masih memiliki beberapa ciri fisik yang sama dengan gajah. Ini termasuk gading yang tumbuh dari gigi seri mereka (dibandingkan kebanyakan mamalia, yang mengembangkan gading dari gigi taring mereka), kuku rata di ujung jari mereka, dan beberapa kesamaan di antara organ reproduksi mereka. Manatee, hyrax, dan gajah memiliki nenek moyang yang sama, Tethytheria, yang punah lebih dari 50 juta tahun yang lalu. Itu sudah cukup lama bagi hewan untuk menempuh jalur evolusi yang sangat berbeda. Meskipun mereka terlihat dan berperilaku berbeda, mereka tetap terkait erat.

Itulah enam fakta unik gajah yang jarang diketahui. Sayangnya, hingga saat ini masih ada yang ingin memburu hewan malang ini. Sebagian besar mengincar gadingnya. Sangat mengenaskan dibunuh hanya untuk mengambil gadingnya. Berharap kedepannya semakin banyak yang sadar untuk menjaga populasi gajah agara anak serta cucu kita tidak hanya melihat gambar, tapi juga masih bisa melihat langsung gajah yang masih hidup. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya