Ilmuwan: Alien Nongkrong di Bola Dyson

Alien mengintip Bumi.
Sumber :
  • The Mirror

VIVA – Jika alien benar-benar ada, maka mereka kemungkinan sedang berkeliaran di bola Dyson yang mengelilingi bintang mirip Matahari, atau disebut katai putih yang tersebar di seluruh Bima Sakti, menurut sebuah makalah baru.

Terkuak, Warna Ini Bisa Memprediksi Keberadaan Alien

"Jadi, di sanalah kita harus fokus mencari makhluk luar angkasa (alien)," kata Ilmuwan Ben Zuckerman, seperti dikutip dari situs Live Science, Minggu, 5 Juni 2022.

Berdasarkan hasil pencarian itulah, Zuckerman bersama para ilmuwan memperkirakan berapa banyak peradaban maju yang mengintai di galaksi.

Perburuan Alien Belum Usai, Kawan

Alien membangun megastruktur di sekitar bintang asal mereka, yang pada akhirnya akan berubah menjadi katai putih. Studi ini juga memungkinkan para ilmuwan untuk membuat hubungan langsung antara masa hidup bintang dan prevalensi bola Dyson.

Zuckerman mengatakan jika para astronom mencari bola Dyson di sekitar katai putih dan menemukan kekosongan. Hal itu dapat membantu memperkirakan berapa banyak peradaban maju yang mungkin ada di galaksi.

UFO Terpantau Lagi Keliling Bulan

"Jika bola Dyson itu ada maka akan sulit ditemukan karena ada begitu banyak bintang yang harus dicari. Sinyal dari bola Dyson kemungkinan akan sangat besar. Lebih redup dibandingkan dengan bintang yang mengorbitnya," ungkap Zuckerman.

Kehadiran bola Dyson, cincin, atau gerombolan di sekitar katai putih akan memiliki dua efek. Jika cukup besar atau cukup dekat dengan bintang, maka hal itu akan menghalangi cahaya yang datang ke Bumi, seperti halnya planet ekstrasurya yang sedang transit.

Tapi, bola Dyson seperti itu mungkin juga menambahkan sinyal dari radiasi inframerah. Megastruktur akan menyerap radiasi dari katai putih dan mengubah energi itu menjadi hal lain.

Karena, tidak ada konversi yang 100 persen efisien maka proses ini akan meninggalkan sisa panas yang keluar sebagai inframerah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya