3 Poin Kesepakatan Dubes Uni Eropa dan Menkominfo

Menkominfo Johnny G Plate dan Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia Vincent Piket di Gedung Kominfo Jakarta, Selasa, 7 Juni 2022.
Sumber :
  • VIVA/Muhammad Naufal

VIVA – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate melakukan pertemuan bilateral dengan Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia Vincent Piket dalam rangka mendiskusikan kerja sama di bidang digital.

Kemenkominfo Gratiskan IDTH untuk UMKM

"Dubes (Duta Besar) Uni Eropa Vincent Piket bertemu saya mendiskusikan kerja sama antara Indonesia dan Uni Eropa di bidang digital. Ada beberapa hal yang kami diskusikan," kata dia di Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Selasa, 7 Juni 2022.

Salah satu pokok bahasan yang dibahas Menkominfo Johnny G Plate dan Dubes Vincent Piket adalah kerja sama tentang teknologi 5G dan perlindungan data pribadi. Adapun, pokok-pokok yang dibahas sebagai berikut.

Habiskan Anggaran Hampir Rp1 Triliun, Apa Saja Fasilitas yang Dimiliki IDTH Kemenkominfo

Pertama, terkait dengan kehadiran Uni Eropa dalam menyukseskan pertemuan G20 pada September mendatang. Nantinya, Uni Eropa akan mengambil perannya dalam menyukseskan rapat tingkat menteri yang akan digelar di Bali tersebut.

"Kami ingin berkontribusi aktif untuk menyukseskan G20, khususnya dalam bidang ekonomi digital," ungkap Piket. Kedua, uluran tangan dari Uni Eropa untuk membantu Indonesia dalam merancang produk legislasi perlindungan data pribadi (PDP).

Bey Machmudin Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Indonesia Digital Test House

"Sekadar info ya. Nantinya RUU PDP yang lagi dibahas di DPR ini benchmark-nya GDPR (General Data Protection Regulation) milik Uni Eropa, tentu, dengan beberapa modifikasi. Sebab, enggak bisa semuanya diterapkan di Indonesia," tegas Menkominfo Johnny G Plate.

Ketiga, potensi kucuran dana investasi dari Uni Eropa di Indonesia, khususnya, yang terkait dengan sektor digital dan produksi-produksi dalam negeri.

Ilustrasi serangan hacker atau siber.

Informasi Sistem Penggajian Departemen Pertahanan Inggris Diretas

Beberapa informasi pribadi dalam sistem penggajian yang digunakan oleh departemen pertahanan Inggris diretas, pada Senin, 6 Mei 2024.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024