7 Negara yang Dikenal Banyak Dukun dan Praktik Ilmu Sihir

Ilustrasi Dukun.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Ada beberapa negara yang dikenal karena banyak dukun dan praktik ilmu sihirnya. Dukun atau yang biasa disebut juga sebagai orang pintar ini adalah mereka yang mempunyai kelebihan dalam hal kemampuan spiritual. Konon katanya, mereka dapat memahami hal-hal yang tidak kasat mata. Selain itu, mereka juga bisa berkomunikasi dengan makhluk gaib. Di Indonesia sendiri, jasa seorang dukun dipakai untuk menyelesaikan masalah di kehidupan masyarakat dan tidak selalu berbau negatif. 

Bumi Resources Masuk 7 Perusahaan Wajib Pajak Terbaik versi DJP Kemenkeu

Dukun juga terkadang diminta untuk membantu menghilangkan penyakit, gangguan sihir, kehilangan barang, pawang hujan, dan lain sebagainya. Tapi, tahukah kamu ternyata dukun bukan hanya ada di Indonesia saja. Beberapa negara di dunia juga memiliki dukun. Namun, kehadiran mereka malah dianggap sebagai ancaman. Nah, berikut ulasan tentang negara yang dikenal karena banyak dukun yang dirangkum VIVA dari berbagai sumber. 

1. Filipina

Sri Mulyani Ungkap APBN Surplus Rp 8,1 Triliun hingga Maret 2024

Pemandangan indah Kota Tagaytay, Filipina

Photo :
  • myspacecdn.com,

Ilmu sihir sangat menonjol di Filipina dan bisa dipakai untuk kebaikan atau kejahatan. Ilmu sihir Filipina dikatakan Kulam dan mereka yang mempraktikkannya adalah mangkukulam atau penyihir yang dapat melaksanakan ilmu hitam. Sementara mangkukulam melaksanakan mantra yang dirancang untuk melukai musuh mereka. 

Min Hee Jin dari ADOR Ngaku Konsultasi dengan Dukun Tentang BTS

Biasanya mereka memakai boneka voodoo, mereka juga bisa memakai sihir untuk membantu komunitasnya. Seringkali mereka juga menjual ramuan cinta kepada mereka yang sangat memerlukan dan membantu orang-orang untuk membalas dendam pada mereka yang bersalah kepadanya. 

2. Kongo

Pasukan dan tank pemerintah terlihat di wilayah timur kota Rumangabo, Republik Demokratik Kongo, Kamis, 26 Juli 2012, setelah pemberontak M23 dan pasukan pemerintah terlibat baku tembak.

Photo :
  • ANTARA

Orang yang mempunyai ilmu hitam, baik secara turun temurun atau hasil dari belajar, merupakan sesuatu yang ilegal di negara ini. Masyarakat Kongo yang tertangkap melaksanakan praktik ilmu sihir pun dimusnahkan. Dalam kasus tersebut banyak orang tidak bersalah, anak kecil dan perempuan yang kerap menjadi korban. 

3. Kamerun

Danau Nyos di Kamerun, Afrika.

Photo :
  • U-Report

Kamerun juga menjadi salah satu negara yang dikenal karena banyak dukun dan ilmu sihirnya. Masyarakat Kamerun pernah dihebohkan dengan kasus perempuan berusia 16 tahun yang mengaborsi kandungan dengan cara meminum cairan beracun. Cairan ini diduga diberikan oleh seorang dukun. Setelah kejadian tersebut, masyarakat seakan bersikap intoleransi terhadap orang yang melaksanakan praktik dukun karena dipandang merugikan. 

4. Gambia

Ilustrasi Dukun

Photo :
  • U-Report

Pada tahun 2009 silam, setidaknya ada 1000 orang diculik dan kemudian dikunci di lokasi rahasia. Di sana mereka akan dipaksa oleh para dukun untuk meminum cairan berbahaya yang mengakibatkan halusinasi. Setidaknya dua orang dinyatakan tewas akibat praktik tersebut. 

5. Kenya

Hotel The Nay Palad di Laikipia, Kenya

Photo :

Negara yang dikenal karena banyak dukun berikutnya adalah Kenya. Pada tahun 2008 silam, 11 orang dibakar oleh massa karena praktik ilmu hitam. Lima tahun berselang, seorang perempuan diarak dan ditelanjangi lantaran kasus yang sama. Pada tahun 2013 juga terjadi kepada seorang pria yang dibakar dan ditonton massa lantaran praktik ilegal. 

6. India

Dituduh dukun, perempuan di India dipersekusi

Photo :
  • BBC.com

India adalah salah satu negara yang dikenal karena banyak dukun. Pada tahun 2014 lalu, seorang anak laki-laki menjadi korban mutilasi dan dikorbankan dalam upacara sihir. Lebih gila lagi, hal tersebut dilaksanakan karena sang ayah yakin kematian anaknya bisa membuat sang istri hamil. Selain itu, di India banyak terjadi kasus perempuan dianiaya secara sadis karena dituduh melaksanakan praktik sihir. 

7. Republik Afrika Tengah

Ilustrasi Dukun.

Photo :
  • U-Report

Tepatnya di Kota Mbaiki, Republik Afrika Tengah, orang Pigmi kerap dituduh mengucapkan mantra kepada seorang musuh dan mengubahnya menjadi bentuk binatang. Menurut kontributor Atlantic Graeme Wood, yang mengunjungi Mbaiki dan berbicara dengan salah seorang hakim praktik penipu dan ilmu sihir dianggap sebagai pelanggaran kriminal. 

Bahkan, pelanggaran kriminal tersebut sudah umum di kota tersebut yang membutuhkan waktu penjara yang lama dan denda. Sihir merupakan salah satu kejahatan paling umum di negara tersebut dengan sekitar 40 persen penuntutan melibatkan tuduhan terkait sihir. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya