Ini Cara Kirim Pesan WA ke Nomor yang Belum Disimpan, Gampang

Ilustrasi chat di WhatsApp.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Meskipun bukan aplikasi dengan segudang fitur, bisa dibilang WhatsApp (WA) merupakan layanan pesan singkat instan paling populer di dunia. Aplikasi di bawah naungan Meta ini baru meluncurkan fitur tambahan seperti reaksi pesan, pesan yang bisa hilang otomatis, kemampuan untuk menggunakan WhatsApp Web tanpa ponsel yang terhubung internet.

Geger Seorang Wanita Dilarang Naik Kendaraan Online Gegara Bernama Ini

Untuk mengirim pesan atau melakukan panggilan, pengguna WA harus menyimpan nomor terlebih dahulu. Namun kini ada cara untuk mengirim pesan yang tak perlu menyimpan nomor. Mungkin sebagian orang terlalu malas untuk menyimpan nomor, apalagi jika tidak terlalu sering bertukar pesan.

Ilustrasi smartphone atau ponsel pintar.

Photo :
  • U-Report
Rencana AS untuk Melarang TikTok Memicu Perpecahan Nasional

Mengirim pesan WA ke nomor yang belum disimpan juga dapat melindungi privasi pengguna. Pasalnya penerima pesan tak bisa melihat gambar profil, status, atau pengaturan privasi pengguna yang ditetapkan hanya untuk kontak. 

Aplikasi WA adalah salah satu layanan pesan singkat yang aman karena mendukung enkripsi ujung-ke-ujung, sistem komunikasi di mana hanya pengguna yang sedang berkomunikasi dapat membaca pesan tersebut.

Apple Deletes WhatsApp from App Store in China

Cara kirim pesan WA ke nomor yang belum disimpan

Ilustrasi menggunakan aplikasi pesan instan dari ponsel.

Photo :
  • U-Report

Ada metode untuk mengirim pesan WA ke nomor yang belum disimpan tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Dilansir VIVA dari Screenrant, simak langkahnya di bawah ini:

  1. Buka aplikasi browser di ponsel, lalu ketik tautan https://wa.me/. Contoh:  https://wa.me/6283458585811. 
  2. Tulis nomor telepon yang dikehendaki lengkap dalam format internasional, tanpa tanda kurung, tanda hubung, tanda tambah, atau nol di depan. 
  3. Setelah membuka tautan yang diisi dengan nomor tujuan, tombol ‘continue to chat’ atau ‘lanjutkan ke obrolan’ akan muncul di halaman yang sama.
  4. Klik tombol tersebut, lalu pengguna otomatis akan dialihkan ke ruang percakapan WhatsApp dengan nomor yang ada di tautan.
  5. Kamu dapat menggunakan cara ini juga untuk membagikan nomor WhatsApp ke orang lain.

Ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang memungkinkan kamu untuk mengirim pesan tanpa menyimpan nomor. Salah satunya yaitu aplikasi Click to Chat untuk Android. Sementara untuk pengguna iPhone bisa menggunakan fitur jalan pintas WhatsApp To Non-Contact. Untuk menggunakannya, pengguna iPhone harus meng-install dan meluncurkan fitur tersebut. Kemudian ketik nomor pada bagian penerima (recipient) atau copy paste untuk memulai percakapan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya