Fenomena Alam Langka akan Terjadi Sore Ini di Indonesia

Ilustrasi Bulan Purnama.
Sumber :
  • VIVAnews/ M Teguh

VIVA – Peneliti Pusat Riset Antariksa dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang mengingatkan bahwa pada Selasa hari ini, 14 Juni 2022 akan terjadi fenomena alam langka, yakni Purnama Stroberi Super (Full Strawberry Supermoon).

Gegara Gurun Sahara, Langit Yunani jadi Oranye bak di Planet Mars

"Untuk menyaksikan fenomena ini, masyarakat cukup arahkan pandangan sesuai arah terbit hingga terbenamnya bulan pada waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Fenomena ini bisa diamati tanpa perlu bantuan alat optik apapun, kecuali jika ingin mengabadikannya dalam bentuk foto ataupun video," kata dia, melalui situs resmi BRIN.

Adapun Purnama Stroberi Super akan terjadi pada sore ini, yaitu pukul 18.51 WIB/ 19.51 WITA/ 20.51 WIT, pada jarak 357.368 kilometer.

3 Cara Menjual Uang Koin Rp1.000 Melati Biar Untung, Bisa Capai Rp100 Juta?

Oleh karena itu, nelayan diingat supaya jangan melaut. Menurutnya, pada fase Bulan baru ini, umumnya dapat menimbulkan pasang laut yang lebih tinggi dibandingkan dengan hari-hari biasanya.

"Adanya konfigurasi Matahari-Bumi-Bulan atau bisa juga Matahari-Bulan-Bumi yang berada di posisi segaris membuat timbulnya pasang yang lebih besar. Apalagi konfigurasi ini juga diperkuat dengan bulan yang berada di titik terdekatnya dengan Bumi," tutur Andi.

Skincare Berbahan Dasar Tanaman Khas Indonesia Dikembangkan Melalui Kerja Sama Ini

Ia pun mengingatkan bahwa pasang laut tertinggi akan terjadi pada Selasa sore ini, sehingga nelayan disarankan untuk tidak melaut pada dua hari sebelum dan dua hari sesudah puncak fenomena alam langka ini, yakni antara 12 hingga 16 Juni mendatang.

"Perhitungan ini hanya mempertimbangkan faktor astronomis saja tanpa melihat gelombang laut akibat badai angin," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya