4 Cara Teknologi 5G Bisa Lebih Bermanfaat untuk Masa Depan

Telkomsel 5G.
Sumber :
  • Telkomsel

VIVA – Bagaimana keadaan dunia sebelum 5G? pertama kamu pasti mengenal 1G, jauh sebelum dibuat generasi ke 5, manusia di kehidupan dahulu menggunakan jaringan 1G untuk membantu aktivitas mereka dalam melakukan keseharian.

Berburu Cuan Lewat Gajian

1G sendiri merupakan generasi pertama dari teknologi, terobosan unggulannya adalah kemampuan untuk menggunakan telepon di kendaraan yang sedang bergerak dan jauh dari rumah, meski kadang jaringan 1G sering kali hilang entah ke mana.

Kemudian hadir generasi ke 2 yang disebut 2G, manusia tidak hanya dapat melakukan telepon jarak jauh melainkan dapat mengirim pesan digital sebagai pengganti surat, pesan digital ini dikenal sebagai SMS yang kini masih dapat kita gunakan.

58 Persen Penduduk Indonesia jadi Pelanggan Telkomsel

Ketika 3G dikenalkan, teknologi semakin cepat berkembang dan inilah awal di mana smartphone diperkenalkan dan banyak dijual hingga datanglah 4G dengan kecepatan transfer data yang tinggi. Teknologi seluler ini menghadirkan video dengan buffering yang lebih sedikit.

Kemudian sekarang, inilah 5G bersama dengan kemampuan transformatifnya, bagaimana teknologi 5G dapat lebih bermanfaat bagi masa depan? Melansir dari Itechpost berikut pemaparannya:

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

Manfaat 5G bagi masa depan

Teknologi 5G.

Photo :
  • China Daily

Lebih baik daripada jaringan 4G LTE, 5G memberikan kecepatan lebih tinggi, latensi lebih rendah, dan kapasitas lebih besar. Saat ini, hal itulah yang membuat 5G dianggap sebagai teknologi tercepat dan paling kuat yang pernah ada di dunia.

1. Memiliki akses dan informasi yang lebih cepat

Pemaparan di atas telah menggambarkan kalau jaringan ini memiliki kemampuan untuk mengunduh yang lebih cepat dan lag yang jauh lebih renda. Kemampuan 5G akan secara langsung mempengaruhi cara kita bekerja dan bermain.

Bisnis juga dikabarkan akan lebih efisien dengan kecepatan yang dimiliki 5G dan manfaat konektivitas lainnya, kamu akan memiliki akses lebih banyak dan informasi lebih cepat dari sebelumnya.

2. Adanya 5G dapat berpengaruh pada ruang penyimpanan data, di mana pengguna akan beralih dari memori internal ke penyimpanan cloud

Manfaat lain dari 5G adalah kecepatan transmisi yang lebih tinggi yang dikabarkan dapat mencapai 15 sampai 20 Gbps. Melalui kecepatan sekencang ini kita dapat mengakses file, program dan aplikasi tanpa harus menunggu. Dengan kecepatan yang cukup tinggi ini, ke depan penggunaan cloud untuk penyimpanan file dengan demikian kita tidak akan terlalu bergantung pada memori internal.

3.  Dapat melakukan tindakan jarak jauh secara real time tanpa lag

Latensi di 5G dikatakan sepuluh kali lebih kecil daripada 4G, oleh karena itu kamu akan dapat melakukan tindakan jarak jauh secara real time. Hal ini juga Ini bermanfaat di banyak industri karena latensi rendah dan peningkatan sensor memungkinkan untuk mengontrol mesin, logistik, dan bahkan operasi yang bedah.

Dengan 5G memungkinkan kamu untuk menghubungkan lebih banyak perangkat ke jaringan, teknologi 5G juga memungkinkan implementasi network slicing atau pembuatan subnet yang menyediakan konektivitas yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

4. Selain untuk perangkat digital, ke depan 5G dapat dihubungkan ke lebih banyak aspek kehidupan

5G yang kita miliki saat ini menawarkan hal-hal hebat untuk memberi daya pada jenis perangkat yang kita gunakan. Tetapi waktu lebih lanjut mungkin diperlukan sebelum 5G dapat memberi daya pada perangkat pintar generasi baru.

Studi sedang dilakukan oleh para peneliti tentang bagaimana 5G dapat digunakan untuk kendaraan otonom (tanpa awak), drone, dan perangkat perawatan kesehatan.  Dengan meningkatnya kapasitas 5G, mungkin akan datang hari ketika router tidak lagi diperlukan sama sekali.

Segala sesuatu di rumah kamu mulai dari gadget hingga perangkat pintar lainnya akan dapat terhubung langsung ke jaringan internet melalui 5G. Mungkin ada beberapa masalah keamanan, tetapi solusi sedang dikerjakan oleh para peneliti saat ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya