Perkembangan Metaverse Indonesia Sudah sampai Mana?

Metaverse.
Metaverse.
Sumber :
  • ABC News - Walt Disney

VIVA – Saat ini, perkembangan metaverse kian pesat, tidak terkecuali di Indonesia. Salah satu perusahaan teknologi Tanah Air yang turut mengembangkan metaverse adalah V2 Indonesia.

Mereka sedang fokus untuk mengenalkan dan mengedukasi masyarakat soal kemajuan teknologi ini.

"Kami fokusnya saat ini untuk mengenalkan dan mengedukasi terlebih dahulu ke masyarakat luas," kata Kepala Eksekutif V2 Indonesia Rudi Hidayat di Jakarta, Sabtu, 25 Juni 2022.

Ia menambahkan, V2 sekarang masih dalam posisi mengoptimalisasi yang sudah ada dan wait and see terhadap kemajuan ke depannya.

"Intinya, sekarang lagi menuju metaverse dan posisi kita wait and see. Soalnya juga, kan, big player seperti Meta, Microsoft lagi dalam posisi on preparing," tutur Rudi.

V2 Indonesia diketahui sedang mengembangkan teknologi AR, VR, XR, dan juga metaverse. "AR kita fokus untuk bangun SOP yang kita namakan inspectly. VR nantinya akan kita gabungkan dengan teknologi XR untuk masuk dunia XR atau metaverse," jelas dia.

Rudi pun menamakan kemajuan ini yang disebut dengan teknologi dua huruf yang hari ini mengubah dunia secara signifikan. "Itu (VR, AR, dan XR) adalah dua huruf yang lagi mengubah dunia secara signifikan sekarang," ungkapnya.