Perkembangan Metaverse Indonesia Sudah sampai Mana?

Metaverse.
Sumber :
  • ABC News - Walt Disney

VIVA – Saat ini, perkembangan metaverse kian pesat, tidak terkecuali di Indonesia. Salah satu perusahaan teknologi Tanah Air yang turut mengembangkan metaverse adalah V2 Indonesia.

Seorang Remaja Mengaku Diperkosa di Dunia Digital Metaverse, Langsung Lapor Polisi

Mereka sedang fokus untuk mengenalkan dan mengedukasi masyarakat soal kemajuan teknologi ini.

"Kami fokusnya saat ini untuk mengenalkan dan mengedukasi terlebih dahulu ke masyarakat luas," kata Kepala Eksekutif V2 Indonesia Rudi Hidayat di Jakarta, Sabtu, 25 Juni 2022.

Terus Kembangkan Kapasitas Pekerja, BRI Hadirkan Platform Training Virtual Canggih BRISMARTVERSE

Ia menambahkan, V2 sekarang masih dalam posisi mengoptimalisasi yang sudah ada dan wait and see terhadap kemajuan ke depannya.

"Intinya, sekarang lagi menuju metaverse dan posisi kita wait and see. Soalnya juga, kan, big player seperti Meta, Microsoft lagi dalam posisi on preparing," tutur Rudi.

10 Kota Inovasi dan Metaverse Jika Prabowo-Gibran Menang Pilpres, IKN Jadi Matahari

V2 Indonesia diketahui sedang mengembangkan teknologi AR, VR, XR, dan juga metaverse. "AR kita fokus untuk bangun SOP yang kita namakan inspectly. VR nantinya akan kita gabungkan dengan teknologi XR untuk masuk dunia XR atau metaverse," jelas dia.

Rudi pun menamakan kemajuan ini yang disebut dengan teknologi dua huruf yang hari ini mengubah dunia secara signifikan. "Itu (VR, AR, dan XR) adalah dua huruf yang lagi mengubah dunia secara signifikan sekarang," ungkapnya.

Sebagai informasi, dalam waktu dekat V2 Indonesia akan menggelar konser virtual human pertama yang menampilkan Teresa Teng sebagai bintangnya pada akhir Juli atau pertengahan Agustus 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya