Tesla Bakal Hadirkan Robot Humanoid dalam Waktu Dekat

Pabrik Tesla Giga Shanghai di China.
Pabrik Tesla Giga Shanghai di China.
Sumber :
  • Dok: Tesla

VIVA Tekno – Elon Musk mengatakan, bahwa robot humanoid Tesla akan diluncurkan dalam waktu tiga bulan. Orang terkaya di dunia itu pernah mengatakan, produk yang diberi nama Optimus tersebut jadi produk terpenting Tesla.

Prototipe dari robot itu akan siap untuk didemonstrasikan di acara AI Day Tesla, yang digelar pada 20 September mendatang.

"Saya harap kami akan memiliki prototipe yang menarik untuk ditunjukkan kepada orang-orang," kata Musk, dikutip dari situs Metro, Senin, 27 Juni 2022.

"Kami memiliki tim yang sangat berbakat di Tesla, yang bekerja sama dengan saya untuk menyiapkan prototipe robot humanoid pada akhir September," tambah pria usia 50 tahun itu.

Tesla Roadster generasi baru dan Elon Musk

Tesla Roadster generasi baru dan Elon Musk

Photo :
  • autox

Robot seberat 60 kilogram ini nantinya akan ditugaskan untuk membantu memproduksi mobil listrik di pabrik Tesla. Benda itu dibangun dari bahan ringan, dan dapat melihat menggunakan  kamera dari kendaraan Tesla.

Musk sebelumnya telah mengkonfirmasi, bahwa Optimus akan dioperasikan oleh komputer Full Self-Driving (FSD) Tesla agar lebih ramah dan dan menavigasi dunia yang dibangun untuk manusia.

Kabar ini datang pada minggu yang sama ketika Musk mengkonfirmasi Tesla akan memecat pekerja manusia. Jumlah karyawan Tesla tidak lebih dari 100.000 karyawan. Musk mengatakan pemotongan akan berjumlah sekitar 3,5 persen.

Perusahaan mobil listrik itu malah akan menambah staf sekitar dua pertiga dari tenaga kerja yang dibayar per jam.