Google dan Netflix Terancam Diblokir di Indonesia

Ilustrasi Google.
Ilustrasi Google.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Tekno – Kementerian Komunikasi dan Informatika mewajibkan para Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) privat, baik asing maupun domestik untuk mendaftarkan diri ke Kemenkominfo sebelum tenggat waktu yang ditentukan yakni 20 Juli 2022. 

Hal itu sebagaimana tertulis, pada Surat Edaran Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 3 tahun 2022 tentang Tanggal Efektif Pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat pada 14 Juni 2022.

Berdasarkan pantauan VIVA Tekno, hingga Minggu 26 Juni 2022 kemarin pemain-pemain besar teknologi seperti Whatsapp, Netflix dan Google masih belum terdaftar di situs PSE Kemenkominfo. 

Melalui pernyataan resmi Google yang diatribusikan ke perwakilan Google, mereka mengatakan pihaknya telah mengetahui aturan tersebut dan akan segera mematuhinya.

Kantor Google.

Kantor Google.

Photo :
  • Politico

"Kami mengetahui keperluan mendaftar dari peraturan terkait, dan akan mengambil tindakan yang sesuai dalam upaya untuk mematuhi" ujar Google dalam keterangannya, dikutip Senin 27 Juni 2022.

Senada, Juru Bicara Kominfo, Dedy Permadi juga optimistis bahwasanya, PSE yang hingga saat ini masih belum mendaftar ke Kemenkominfo nantinya akan segera mendaftarkan diri.