Astronot Berduka, Tak Bisa Sendawa dan Bersahabat dengan Kentut

Ilustrasi astronot kentut di luar angkasa.
Ilustrasi astronot kentut di luar angkasa.
Sumber :
  • Freepik

VIVA – Para astronot di luar angkasa mengaku tidak bisa bersendawa saat berada di sana. Namun ceritanya menjadi lain untuk hal yang berkaitan dengan kentut di mana hal tersebut masih mudah dilakukan dan baunya akan bertahan lama.

Penjelajah luar angkasa Inggris, Tim Peake, mengatakan kurangnya gravitasi menjadikan gas internal tersebut sebagai sebuah malapetaka.

Ia juga melahap tiga puding untuk menjaga berat badannya saat berada di Stasiun Luar Angkasa Internasional atau ISS.

"Ketika Anda makan, tubuh masih mencerna makanan dan masih memproduksi gas. Gelembung gas itu tidak naik, jadi hanya ada satu cara mereka keluar," kata mantan perwira Korps Udara Angkatan Darat AS tersebut.

Sedangkan astronot Badan Penerbangan dan Antariksa atau NASA, Mike Massimino, mengatakan kentut di pesawat ruang angkasa akan membuat baunya tetap di tempat karena tidak banyak aliran udara. Metana di dalamnya juga bisa menjadi bahaya kebakaran, mengutip dari situs The Sun, Rabu, 29 Juni 2022.

Ia juga mengungkapkan kebiasaannya makan puding. Peake mengatakan astronot didorong untuk menjaga kalori, "Jadi itu makanan favorit saya," katanya. Di Bumi aroma kentut akan menghilang terbawa aliran udara di sekitar.

Sementara aliran udara di kabin pesawat ulang-alik yang kecil dan padat sangat sedikit, bau itu akan tetap hidup seperti teman serumah yang menjengkelkan.