4 Tips Mengatasi Internet Lemot Agar Tak Ganggu Aktivitas

Jaringan internet.
Jaringan internet.
Sumber :
  • The Journal

VIVA Digital – Internet lemot atau lambat merupakan sebuah masalah serius, terlebih bagi mereka yang menjalankan pekerjaan dari rumah atau belajar dari rumah. Karena, di era digitalisasi seperti sekarang, koneksi internet adalah salah satu kebutuhan penting mengingat segala sesuatu kini hanya bergantung dengan internet. 

Sebab itu, jaringan internet lemot tidak bisa lagi ditolerir lantaran hal ini akan menghambat aktivitas digital. Tapi, tidak jarang para pengguna menemukan kondisi internet yang lambat dan menjadi kendala di saat yang genting itu. Usut punya usut, ada beberapa penyebab internet menjadi lemot sampai menghambat aktivitas. 

Penyebab tersebut antara lain sinyal WiFi atau seluler, jumlah perangkat, dan jangkauan sinyal yang menjadi sebabnya. Padahal kita sudah berlangganan paket internet yang diklaim mumpuni dengan harga mahal. Nah, berikut adalah ulasan tentang beberapa penyebab internet menjadi lemot yang dikutip VIVA dari laman Antara. 

Sebab Internet Lemot

Ilustrasi menggunakan internet dengan mobile broadband.

Ilustrasi menggunakan internet dengan mobile broadband.

Photo :
  • Dok. Istimewa

1. Masalah Pada Sistem Operasi

Masalah yang terdapat dalam sistem operasi di perangkat bisa menjadi salah satu sebab internet lemot atau terasa lambat yang tentu saja akan membuat kita kurang merasa nyaman. Biasanya hanya cukup dengan melakukan restart perangkat dan cara ini memang sudah terbukti cukup efektif untuk masalah internet lemot yang disebabkan oleh sistem operasi bermasalah.