Indosat dan Google Sama-sama Cegah UMKM Punah

Indosat Ooredoo Hutchison dan Google Indonesia.
Indosat Ooredoo Hutchison dan Google Indonesia.
Sumber :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

VIVA – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH), melalui Indosat Business, telah bekerja sama dengan Google Cloud dalam mendukung transformasi digital di Indonesia.

Keduanya sedang mengembangkan solusi digital yang tepat. Salah satunya platform untuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

"Ekosistem digital ini akan jadi atap untuk menghubungkan dan memberdayakan bisnis, khususnya UMKM," ujar Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Bayu Hanantasena, di Jakarta, Jumat, 1 Juli 2022.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa perusahaan besar bisa melakukan transformasi digital secara mandiri. Sementara UMKM yang mana memiliki 'ekonomi sachet' harus melakukan hal-hal yang sangat efisien dan tepat.

Untuk itu, platform yang mereka bangun akan melakukan data analitik untuk mengambil keputusan berbasis data guna memudahkan bisnis dalam mengakuisisi pelanggan.

Solusi Internet of Things (IoT) akan memberi kemampuan untuk meningkatkan produktivitas dan menurunkan biaya. Hal ini bisa digunakan di banyak sektor, seperti manufaktur, ritel, logistik, dan bahkan pendidikan.

"Harapan kita tentunya gabungan kemampuan dan keahlian IOH dengan Google Cloud akan memberi ketepatan dan kemampuan dalam memberi kinerja terbaik bagi perkembangan bisnis pelanggan," jelas dia.