Molekul Alkohol Terbesar Ditemukan di Luar Angkasa

Ilustrasi luar angkasa.
  • www.pixabay.com/flflflflfl

VIVA –  Para peneliti kemungkinan telah menemukan alkohol dalam bentuk propanol di luar angkasa. Molekul propanol yang terdeteksi ada dalam dua bentuk, propanol normal dan iso-propanol, merupakan bahan utama pembersih tangan.

Monster Laut Raksasa Setinggi 82 Kaki Ditemukan di Pantai Inggris, Bisa Jadi Reptil Laut Terbesar

"Pendeteksian kedua isomer ini sangat menentukan mekanisme pembentukan komet dan bintang. Karena mereka sangat mirip secara fisik, kedua molekul ada di tempat dan waktu yang sama," ujar astrokimia, Rob Garrod.

Menurut situs Science Alert, Senin, 4 Juli 2022, molekul alkohol ini telah ditemukan di tempat yang dikenal sebagai 'ruang pengiriman' bintang, yaitu wilayah yang membuat bintang raksasa Sagitarius B2 (SgrB2).

6 Jenderal Polisi Bintang 4 yang Berasal dari Jawa Tengah, Siapa Saja?

Wilayah tersebut terletak di dekat lubang hitam supermasif Sagitarius A*. Atacama Large Millimeters/submillimeter Array (ALMA) di Chili telah membantu astronom untuk menemukannya.

ALMA sendiri menawarkan resolusi yang lebih tinggi dan tingkat sensitivitas yang lebih besar, memungkinkan peneliti untuk mengidentifikasi molekul yang belum pernah terlihat sebelumnya.

Begini Tampilan Gerhana Matahari Total dari Luar Angkasa

"Semakin besar molekul, semakin banyak garis spektrum pada frekuensi yang berbeda. Sgr B2 memiliki banyak molekul sehingga spektrumnya tumpang tindih. Sulit untuk menguraikan dan mengidentifikasinya satu per satu," ujar fisikawan Holger Muller.

Selanjutnya ilmuwan akan mencari lebih banyak molekul guna memahami jenis kimia yang mengarah pada pembentukan bintang. ALMA sebelumnya telah menemukan molekul organik iso-propil sianida, N-metilformamida dan urea.

Sandra Dewi dan Harvey Moeis

Pensiunan Jenderal Bintang 4 Berinisial B Terseret Kasus Korupsi Rp271 T, Siapa Dia?

Beberapa waktu lalu Iskandar Sitorus selaku Sekretaris dari DPP Indonesia Audit Watch sempat membongkar inisial publik figur yang terseret dalam kasus mega korupsi timah