Sulit dan Takut Percaya Orang Lain? Bisa Jadi Pisanthrophobia

Ilustrasi tak bisa dipercaya.
Ilustrasi tak bisa dipercaya.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Kepercayaan memang menjadi landasan dalam berbagai hal, khususnya dalam hubungan antar manusia, baik pertemanan, keluarga, percintaan hingg antar rekan kerja juga membutuhkan kepercayaan. Akan sulit rasanya memiliki hubungan yang "kuat" jika tak ada rasa percaya satu sama lain. 

Nah, jika kamu atau seseorang yang kamu kenal memiliki trust issue yang parah sehingga mengganggu, bisa jadi itu mengarah atau malah sudah Pistanthrophobia.

Apa Itu Pisanthrophobia?

Ilustrasi tak bisa dipercaya

Ilustrasi tak bisa dipercaya

Photo :
  • U-Report

Pisanthrophobia adalah adalah rasa takut mempercayai orang lain. Fobia ini sering kali disebabkan oleh hasil dari kekecewaan serius atau akhir yang menyakitkan dari hubungan sebelumnya.

Menurut Dana McNeil, mengutip dari Heathline, seorang terapis pernikahan dan keluarga berlisensi asal Amerika mengatakan, orang dengan fobia ini memiliki rasa takut untuk terluka lagi dan menghindari berada dalam hubungan yang terlalu dalam. Tujuannya, supaya tidak merasakan pengalaman menyakitkan serupa di masa depan. Sayangnya, mereka yang menderita hal ini, pada akhirnya akan menahan diri dan ‘tutup’ terhadap hal-hal positif dari orang lain. Ketika mengalami pistanthrophobia, mereka tidak akan pernah memiliki hubungan yang ideal dan langgeng. 

Belum banyak penelitian mengenai pistanthrophobia, namun ini dikategorikan sebagai fobia spesifik yang berkaitan dengan suatu situasi, seperti di jelaskan di atas, contohnya pernah disakiti.