RUU Perlindungan Data Pribadi Tinggal Selangkah Lagi

Perlindungan data pribadi.
Perlindungan data pribadi.
Sumber :
  • KlikLegal.com

VIVA – Pembahasan Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP) dikabarkan akan segera rampung sebelum perhelatan puncak G20 digelar pada November mendatang.

Direktur Eksekutif Indonesia ICT Institute, Heru Sutadi menyambut positif kabar tersebut, tetapi ia juga turut memberikan catatan untuk tidak mengenyampingkan substansi daripada RUU tersebut selama pembahasan.

“Substansi RUU PDP yang bisa menjawab persoalan tata kelola data yang ada saat ini dan mampu menjawab tantangan ke depan, serta otoritas perlindungan data juga akan sama pentingnya dengan akselerasi UU PDP,” kata Heru, melalui keterangan tertulisnya, Senin, 4 Juli 2022.

Selain itu, ia menambahkan, substansi dari UU PDP ini nantinya harus dapat menjawab berbagai tantangan zaman, seperti metaverse dan internet of things (IoT).

“Secara substansi, UU PDP ini nantinya harus dapat menjawab tantangan-tantangan tersebut. Bahkan perlu disimulasi, dengan perkembangan teknologi seperti metaverse atau internet of things, akan potensi penyalahgunaan data pribadi dan bagaimana kita mengaturnya dalam UU PDP,” paparnya.

Selain substansi, otoritas data pribadi yang nantinya akan bertugas untuk mengatur, mengawasi dan mengendalikan perlindungan data pribadi di Indonesia juga tidak kalah penting.

Perdebatan inilah yang kemudian menempatkan Kominfo pada posisi yang bersebrangan dengan DPR, Kominfo menginginkan agar lembaga ini berada di bawahnya, sementara DPR menginginkan lembaga ini bersifat independen.