Kabar Baik untuk Pengguna Twitter di Android

Logo Twitter.
Logo Twitter.
Sumber :
  • dw

VIVA – Pengguna Twitter di sistem operasi ponsel pintar Android kini bisa melakukan penyesuaian bilah navigasi setelah Twitter memperbarui fitur layanan premium, Twitter Blue.

Penyesuaian bilah navigasi sebelumnya hanya muncul di sistem operasi iOS dan terbatas untuk pengguna Twitter yang berlangganan layanan Twitter Blue.

Mengutip situs The Verge, Selasa, 5 Juli 2022, pengaturan bilah navigasi itu hanya akan muncul bagi pengguna yang sudah berlangganan dan tidak akan tersedia untuk layanan tak berbayar alias gratis.

Tentunya pengaturan bilah navigasi itu akan memudahkan pengguna untuk mengakses fitur yang lebih sering digunakan dan tidak terpaku pada tampilan yang sebelumnya sudah disediakan oleh Twitter.

Navigasi khusus juga memungkinkan pengguna menambahkan pintasan fitur tanpa perlu memilih opsi berulang kali untuk mencapai satu fitur misalnya untuk fitur Spaces dan fitur DM (direct message).

Meski demikian Twitter tetap mengatur beberapa fitur khusus bagi pelanggan Twitter Blue agar tidak mengacaukan tampilan aplikasi sesuai standard.

Misalnya untuk Spaces, Twitter pada pekan lalu menyebut akan tetap menghadirkan "banner" khusus di bagian paling atas timeline penggunanya.

"Banner" itu disiapkan untuk menunjukkan orang- orang yang tengah membuat Space, siapa yang membagikan cuitan di Space, hingga topik- topik yang relevan.

Belum ada kejelasan apakah pengguna Twitter Blue dapat menghilangkan "banner" itu dari tampilan aplikasinya. Meski demikian nampaknya fitur ini belum hadir di Indonesia mengingat Twitter Blue memang belum dirilis di Tanah Air.