6 Lokasi di Bumi yang Terlihat seperti di Dunia Lain

Lokasi di Bumi yang seperti planet lain.
Sumber :
  • Getty Images

VIVA Tekno – Penampakan dari planet di tata surya selalu berbeda antara satu dengan yang lainnya. Misalnya seperti Planet Mars yang terlihat sangat berbeda dengan keadaan di Bumi, di mana itu didominasi dengan gurun pasir kemerahan.

Kapan Bumi Kiamat?

Tapi jangan khawatir, sebenarnya ada cara untuk menikmati pemandangan layaknya di luar planet kita tanpa harus mengikuti program wisata luar angkasa dari Elon Musk maupun Jeff Bezos yang terbilang sangat mahal.

Berikut ini adalah beberapa tempat di Bumi yang menawarkan pemandangan menakjubkan, salah satunya bahkan terletak di Indonesia. Menurut laman Space, Rabu, 6 Juli 2022, lokasi tersebut terdiri dari gletser, gurun, gunung berapi hingga gua.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Grand Prismatic Spring, Yellowstone National Park

Mata air yang terletak di Supervolcano Yellowstone, Amerika Serikat ini memiliki cincin warna-warni cerah berdiameter 60 hingga 90 meter dan kedalaman 36 meter. Ini jadi habitat untuk organisme mikroskopis yang dikenal sebagai termofil yang tumbuh subur di lingkungan panas.

Bumi Resources Raih Laba Bersih US$67,63 Juta di Kuartal I-2024

Wadi Rum

Gurun seluas 717 kilometer persegi ini terletak di Yordania Selatan. Saat menjelajahi hutan belantaranya, Anda akan berpikir seperti menginjakkan kaki di Mars karena bukit pasir merah halus dan formasi batuannya.

Dataran garam Salar De Uyuni

Salar de Uyuni di Bolivia adalah dataran garam terbesar di dunia yang membentang sekitar 10.000 km persegi, menurut Badan Antariksa Eropa. Fitur ini bahkan bisa dilihat dari luar angkasa.

Dataran garam dapat mencapai kedalaman 10 meter di tengahnya. Salar de Uyuni mengandung lebih dari 10 miliar ton garam. Menariknya 70 persen dari cadangan lithium dunia juga ditemukan di bawah dataran.

Lencois Maranhenses

Taman Nasional yang terletak di Brasil ini berisi petak-petak bukit pasir putih yang luas. Dunescape membentang lebih dari 70 km di sepanjang pantai dan 50 km ke pedalaman. Lencois diterjemahkan sebagai 'seprai' dalam bahasa Portugis dan mengacu pada bukit pasir putih yang mendominasi lanskap.

Danakil Depression

Fitur yang terletak di Ethiopia ini jadi salah satu tempat yang paling tidak ramah dan asing di Bumi. Dikenal sebagai 'gerbang ke neraka', lokasi ini terlihat seperti Venus. Suhu di wilayah ini bisa mencapai 45 derajat Celcius, menjadikannya salah satu tempat terpanas di Bumi.

Kawah Ijen

Sungai-sungai berwarna biru elektrik yang dikeluarkan dari gunung berapi Kawah Ijen di Jawa Timur terlihat seperti sesuatu dari dunia lain. Sebenarnya lava itu sendiri tidak berwarna biru melainkan hasil dari emisi belerang vulkanik. 

Gunung berapi memancarkan gas belerang yang menyala saat bertemu dengan atmosfer Bumi yang kaya oksigen dan terbakar dengan nyala api biru. Ketika gas belerang mengembun, itu menghasilkan sungai biru yang menerangi lanskap vulkanik di malam hari.

Cahaya biru tersebut hanya terlihat pada malam hari karena api yang berwarna biru lebih mendominasi daripada lava. Tapi saat siang hari itu terlihat seperti gunung berapi lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya