Perlu Tahu, Ini 3 Gunung Api Purba di Pulau Jawa yang Mempesona

Fenomena frost atau embun upas yang membeku menyerupai salju meluas di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur, Selasa pagi, 25 Juni 2019.
Sumber :
  • VIVA/Lucky Aditya

VIVA Tekno – Indonesia memang dikenal dengan pesona alamnya yang luar biasa. Satu di antara ragam wisata alam di Indonesia adalah gunung api purba. Indonesia memiliki keindahan alam pegunungan yang bisa menjadi obyek wisata sekaligus penelitian.

Ford Fiesta Nekat Tembus Jalur Bromo, Berujung Tersangkut di Rawa

Ternyata, di Indonesia ada beberapa jajaran gunung api yang tersebar di beberapa wilayah. Kali ini, VIVA Tekno merangkumnya 3 Gunung Api Purba yang ada di Pulau Jawa dan terkenal akan keindahannya.

Gungung Api Purba Nglanggeran

Belasan Kali Erupsi di Gunung Api Ile Lewotolok Lembata NTT

Gunung Api Purba Nglanggeran.

Photo :
  • U-Report
Bukan Hanya Terbelah, Raja Jayabaya Juga Ramal Pulau Jawa Bakal Tenggelam

Gunung api purba yang mengepung Yogyakarta ini terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul.

Gunung Api Purba Nglanggeran aktif sekitar puluhan juta tahun yang lalu. Tepatnya sekitar 60 hingga 70 juta tahun yang lalu, tetapi sekarang dinyatakan tidak aktif lagi.

Bentuk Gunung Api Purba Nglanggeran berupa bongkahan batu andesit raksasa yang membentang sepanjang 800 meter dan mencapai tinggi 300 meter.

Gunung Api Purba Nglanggeran memiliki lebih dari 28 mata air. Satu dari mata air itu dianggap sebagai telaga mistis yang tak pernah kering, namanya Telaga Wungu. Konon, hanya orang yang berhati bersih yang mampu melihat keberadaan Telaga Wungu.

Gunung Api Purba Kebumen

Gunung Api Purba Nglanggeran.

Photo :
  • U-Report

Di Tanjung Karang Bata, Desa Karang Duwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, ada jejak bebatuan sisa-sisa gunung api purba.

Jejak gunung api terbentuk dari pembekuan magma yang terjadi jutaan tahun lalu dan ditemukan oleh tim dari Jurusan Teknik Geologi, Fakultas Teknik, Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto.

Bebatuan di Tanjung Karang Bata menjadi fenomena geologi yang unik, dengan bentuk persegi enam dan tekstur kekar kolom. Bebatuan gunung api purba ini membatasi Perbukitan Menganti dari ombak laut selatan.

Namun, jejak bebatuan api purba ini mengalami abrasi sehingga keberadaan terancam hilang. Diperkirakan, Gunung Api Purba Tanjung Karang Bata terbentuk sekitar 50 juta tahun yang lalu.

Keldera Api Tengger

Ilustrasi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Photo :

kaldera pasir Tengger yang terletak di Provinsi Jawa Timur ini adalah bagian dari gunung api purba. Wilayah ini merupakan bagian dari gunung Api Bromo purba.

Sementara, Gunung Bromo yang kita kenal saat ini merupakan gunung yang muncul akibat aktivitas Gunung Bromo Purba puluhan ribu tahun yang lalu. Namun, belum diketahui dengan jelas kapan letusan Gunung Bromo Purba terjadi.

Kaldera Tengger disebutkan berukuran 9 x 10 km yang dikelilingi tebing curam dengan ketinggian antara 50 meter dan 500 meter. Jajaran gunung di dalam kaldera dikelilingi batuan vulkanik Gunung Tengger Purba yang juga disebut sebagai Gunung Bromo Purba.

Di Kaldera Tengger, ada beberapa gunung api, seperti Gunung Bromo, Gunung Widodaren, Kursi, Segorowedi, dan Batok. Sementara, Gunung Bromo merupakan gunung api termuda di kawasan Kaldera Tengger.

Nah, demikian Infromasi Gunung Api Purba di Pulau Jawa Indonesia yang sangat indah dan terkenal ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya