Perusahaan Ramah Keluarga Bagian dari Target SDGs

Sustainable Development Goals (SDGs).
Sumber :
  • International Institute for Sustainable Development

VIVA – Pekerjaan yang layak dan kondisi kerja atau perusahaan yang aman adalah dasar bagi kesehatan dan juga merupakan inti dari target Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 8 yang menyerukan pencapai pekerjaan penuh dan produktif dan pekerjaan yang layak bagi semua perempuan dan laki-laki.

Pantesan Betah, Ternyata Ini Alasan Bunda Corla Pilih Tinggal di Jerman Daripada Indonesia

Organisasi Buruh Internasional (International Labour Organization/ILO) memperkirakan bahwa lebih dari 800 juta perempuan kekurangan jaminan ekonomi seputar persalinan dengan efek buruk pada kesehatan, gizi dan kesejahteraan ibu dan anak-anak.

Hal ini menunjukkan tantangan yang dihadapi bagi para orangtua yang bekerja yang memiliki anak khususnya dalam fase emas, yakni periode 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK), yang merupakan fase yang sangat penting bagi tumbuh kembang anak dan dapat menjadi penentu perkembangan kecerdasan secara jangka panjang.

Gambar Pertama yang Dilihat, Bisa Ungkap Pekerjaan Impian Kamu

Untuk itu, keterlibatan dan peran orangtua dalam pola pengasuhan menjadi hal yang krusial. Penelitian menyatakan bahwa hubungan positif ditunjukkan antara lama cuti hamil dengan kesehatan mental ibu selama periode menyusui.

Cuti hamil yang diperpanjang juga dikaitkan dengan tingkat kematian perinatal, neonatal, dan post-neonatal yang lebih rendah serta kematian anak yang lebih rendah. Di sisi lain, pemberian cuti bagi ayah memberi dampak, khususnya pada keterlibatan ayah dalam pengasuhan anak dan menciptakan hubungan baik ayah dan anak di masa depan.

5 Negara dengan Perusahaan Domestik Terbanyak di Dunia, Cina Paling Unggul

Langkah ini diikuti oleh Danone Indonesia yang memberikan cuti melahirkan 6 bulan bagi karyawan perempuan dan cuti 10 hari bagi karyawan laki-laki yang istrinya melahirkan.

"Kebijakan ini sudah diterapkan sejak bulan Agustus 2016. Kami ingin memberikan orangtua waktu yang lebih untuk agar bisa memiliki ikatan bonding yang kuat dengan anak," kata Corporate Communications Director Danone Indonesia Arif Mujahidin, Jumat, 8 Juli 2022.

Selain dalam hal kebijakan cuti melahirkan, Danone Indonesia memiliki fokus dalam hal pemenuhan hak perempuan dalam aktivitas bisnisnya yang diwujudkan dalam inisiatif perusahaan ramah keluarga.

Beberapa inisiatif tersebut di antaranya menerapkan waktu kerja yang fleksibel, mendukung pemberian ASI eksklusif di tempat kerja dengan menyediakan ruang laktasi yang sesuai dengan standard, pemberian asuransi kesehatan, hingga dukungan ibu menyusui melalui buddy sistem antarkaryawan.

Lebih jauh lagi, Danone Indonesia juga memberikan edukasi nutrisi dan kesehatan secara rutin oleh expert kepada karyawan dan Employee Assistance Program (EAP), yaitu layanan konsultasi khusus secara virtual dengan psikolog untuk membantu karyawan terkait masalah kesehatan mental.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya