Kamu Harus Waspada, 5 Tempat Singgah Setan dalam Tubuh Manusia

Ilustrasi setan.
Ilustrasi setan.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Setan merupakan salah satu makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT berbeda dari manusia karena mereka diciptakan dari api. Biasanya setan menjadi musuh manusia yang menjerumuskan pada larangan-larangan Allah SWT. Ternyata ada tempat singgah setan dalam tubuh manusia saat masuk ke dalam tubuh dan bersemayam jika kita tidak mendekatkan diri kepada-Nya. 

Abu Abd al-Rahman al-Khalil bin Ahmad bin Amr bin Tamum al-Farahidi, dalam kitabnya al-Ain, memberi penjelasan mengenai setan yang berdasar pada surat Al-Kahfi ayat 50. Kata dasar dari setan berasal dari 'syathana' yang bermakna 'ba'uda' atau jauh. Kata 'ba'uda' berarti peperangan yang jauh, maka dari itu dinamakan syaithan atau setan karena mereka jauh dari rahmat Allah SWT.

Tahukah kamu bahwa setan bisa singgah dalam tubuh kita untuk menjerumuskan kepada perbuatan tidak baik yang dilarang oleh Allah? Di mana saja bagian tubuh yang bisa disinggahi oleh setan? Simak penjelasan berikut ini yang dikutip dari @infoseputarruqyah yang bersumber dari Kitab Wiqayatul insani minal jinny wasy syaithan. 

1. Tengkuk kepala dengan mengikat 3 ikatan

Peregangan leher.

Peregangan leher.

Photo :
  • U-Report

Setan diketahui dapat singgah dan bersemayam di bagian tengkuk kepala manusia dengan mengikat 3 ikatan. Maka dari itu biasanya tubuh manusia yang disemayami oleh setan akan terasa berat dan malas melakukan ibadah serta tidak taat kepada Allah SWT. 

2. Telinga dengan mengencinginya

Membersihkan telinga

Membersihkan telinga

Photo :
  • times of india

Tempat setan singgah di tubuh manusia selanjutnya adalah di bagian telinga. Setan yang menyinggahi manusia akan mengencingi telinga mereka sehingga manusia tersebut akan merasa gelisah dan menghindari saat mendengar suara dzikir, adzan, bacaan Al-Qur'an dan nasihat-nasihat.

3. Bermalam di lubang hidung

Hidung.

Hidung.

Photo :
  • U-Report

Seperti yang dijelaskan Al-Qodhi iyyad Rahimahulloh, hidung merupakan anggota tubuh yang terhubung dengan qolbu manusia. Sehingga saat ada setan yang bersemayam di dalam lubang hidung, maka manusia tersebut akan sering merasa was-was, susah bernapas dan sesak nafas saat tidur maupun terjaga. 

4. Dalam aliran darah 

Ilustrasi aliran darah.

Ilustrasi aliran darah.

Photo :
  • U-Report

Setan juga bisa singgah dalam aliran darah manusia yang dimana berpusat pada qolbu (jantung) yang berfungsi untuk memompa darah. Sehingga manusia yang disinggahi setan akan mengalami gangguan yang sering terasa berpindah-pindah dalam tubuh atau sering mengalami sakit.

5. Masuk melalui mulut saat menguap

Menguap

Menguap

Photo :
  • U-Report

Tempat singgah setan dalam tubuh manusia yang terakhir masuk melalui mulut manusia saat sedang menguap. Maka dari itu mereka yang disinggahi setan akan sering mengeluhkan bagian perut, lambung dan lain sebagainya.