10 Misteri yang Muncul di Sungai Amazon

Sungai Amazon dan anak sungainya.
Sumber :
  • www.treehugger.com

VIVA – Kita semua telah mendengar tentang Sungai Amazon yang menakjubkan, namun masih banyak misteri seputar keajaiban sungai alam ini.

7 Tempat Paling Terlarang untuk Didatangi Turis di Dunia, Ada Pulau Sentinel dan Area 51

Dari panjangnya, hutan sekitarnya yang luas, keanekaragaman hayati yang kaya, kisah menakutkan, dan sejarah ilmiah yang tidak biasa, ini jelas merupakan salah satu sungai paling menarik di dunia.

Nah, kali ini mengulas deretan misteri sungal amazon yang dikumpulkan dari berebagai sumber sebagai berikut.

Mengungkap Misteri Kelahiran Damien dalam Film The First Omen

1. Sungai Amazon memiliki asal usul yang dipertanyakan

Sungai Amazon dari luar angkasa

Photo :
  • NASA
5 Pesawat Militer Termahal di Dunia

Para ahli telah berdebat tentang sumber sungai besar ini sejak tahun 1600-an, namun penemuan baru-baru ini, oleh para ilmuwan di balik Area Journal, telah menemukan sumber sebenarnya adalah Sungai Mantaro di Peru Barat Daya. Penemuan luar biasa ini berarti bahwa Sungai Amazon sebenarnya memiliki tambahan 47 hingga 57 mil untuk panjangnya.

2. Sungai Amazon meliputi 9 negara

Sungai Amazon

Photo :
  • U-Report

Menjadi Amerika Selatan utama di lembah Amazon, sungai yang luar biasa ini mengalir melalui wilayah sembilan negara yang berbeda! Brasil, Peru, Kolombia, Venezuela, Ekuador, Bolivia, Guyana, Suriname, dan Guyana Prancis.

3. Sungai Amazon adalah yang terpanjang kedua di dunia

Dengan panjang sekitar 4.000 mil (6.400 km) Sungai Amazon adalah yang terpanjang kedua di seluruh dunia, kedua setelah sungai Nil raksasa di Afrika.

4. Sungai Amazon memiliki anak sungai terbanyak di dunia

Anak sungai adalah sungai kecil, atau aliran, yang mengalir ke sungai utama yang lebih besar. Dengan lebih dari 1.100 anak sungai, Sungai Amazon memiliki lebih dari sungai lain di seluruh dunia. 17 dari anak sungai ini panjangnya lebih dari 1.500 km!

5. Dibutuhkan 66 hari untuk berenang di Sungai Amazon

Pada tahun 2007 Martin Strel berenang di sepanjang Sungai Amazon. Dia berenang 10 jam setiap hari, selama 66 hari sebelum menyelesaikan prestasi yang mengesankan ini.

6. Sungai Amazon lebih luas di musim hujan

Selama musim hujan, Sungai Amazon memperoleh lebar tambahan 120 mil (190 km). Bahkan, sungai itu menjadi sangat luas sehingga kadang-kadang disebut Sungai Laut.

7. Sungai Amazon adalah rumah bagi ikan paling menakutkan di dunia

Sungai Amazon adalah rumah bagi ikan pemakan daging yang biasanya menyerang mangsa dalam kelompok besar, Piranha yang menakutkan. Ikan karnivora ini biasanya memangsa hewan ternak yang tidak sengaja nyasar ke perairan sungai besar ini.

8. Hutan Banjir oleh Sungai Amazon

Curah hujan yang terus menerus ke Sungai Amazon menyebabkan permukaan air naik hingga 9 sentimeter, ini menyebabkan daerah sekitarnya terisi air yang membentuk Várzea, atau Hutan Tergenang.

9. Sungai Amazon dapat mengubah warna laut

Sungai Amazon bertanggung jawab untuk memberi makan 20% air tawar dunia ke Samudra Atlantik. Air tawar kemudian menyebabkan pengenceran garam di perairan samudra, mengubah warna permukaan samudra Atlantik seluas lebih dari 2.600.000 km persegi.

10. Sungai Amazon adalah rumah bagi lebih dari 3.000 spesies ikan

Dengan spesies yang terus-menerus ditemukan di Sungai Amazon, tidak mengherankan bahwa saat ini kita mengetahui ada 3.000 spesies ikan yang menyebut sungai sebagai rumah. Termasuk dalam daftar panjang ini adalah Arapaima raksasa, ikan karnivora seukuran manusia, hiu banteng, belut listrik, dan ikan pari pancake.

Nah, demikian informasi mengenai misteri yang terdapat di sungai Amazon yang merupakan sungai terpanjang kedua di dunia dan berada di hutan terbesar di dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya