Berbagi Password Netflix Bakal Kena Biaya Tambahan

Kantor Pusat Netflix.
Sumber :
  • Instagram/@andr3a88

VIVA Tekno – Netflix mengumumkan bahwa mereka akan mulai menguji fitur ‘tambahkan rumah baru’ untuk menagih pengguna yang berbagi akun mereka dengan orang lain di beberapa negara tertentu.

Realme Menyapa Pengguna Lewat WhatsApp

Pengujian tersebut menandai upaya terbaru dari raksasa streaming film itu untuk menindak praktik pembagian kata sandi antar pengguna.

Nantinya, pengujian ini akan meminta pengguna untuk membayar biaya tambahan jika mereka menggunakan akun di luar anggota keluarga mereka.

Tanpa Dialog, Film Thriller 'Monster' Tayang di Netflix Mulai 16 Mei 2024

Untuk pertama kalinya, Netflix akan mulai menguji fitur tersebut di Argentina, Republik Dominika, El Salvador, Guatemala, dan Honduras pada bulan depan.

Di wilayah pengujian ini, setiap akun Netflix akan menyertakan satu rumah tempat yang dapat mengakses Netflix di perangkat mana pun.

Aplikasi Ini Bisa Ubah Sudut Kosong Jadi Ruang Bermakna

Adapun jika ingin mengizinkan pengguna lain untuk menggunakan akun Netflix di rumah tambahan tersebut, Netflix akan menarik biaya tambahan.

Terkait rincian biayanya, pengguna akan diminta untuk membayar tambahan 219 Peso (Rp25 ribu) di Argentina dan US$3 (Rp45 ribu) di wilayah pengujian yang lainnya.

Melalui fitur ini juga, pengguna di negara pengujian ini akan memiliki opsi untuk mengontrol di mana akun mereka digunakan dan menghapus beranda dari halaman pengaturan akun mereka.

Nantinya, anggota yang berlangganan paket Netflix reguler dapat menambahkan satu rumah tambahan, pengguna standar dapat menambahkan hingga dua rumah tambahan, dan pengguna Premium dapat menambahkan hingga tiga rumah tambahan.

“Sangat menyenangkan bahwa anggota kami sangat menyukai film dan acara TV Netflix sehingga mereka ingin membagikannya secara lebih luas,” kata direktur inovasi produk Netflix, Chengyi Long, dalam sebuah pernyataan. “Tetapi pembagian akun yang meluas hari ini antara rumah tangga merusak kemampuan jangka panjang kami untuk berinvestasi dan meningkatkan layanan kami.”, seperti dikutip dari situs Techcrunch, Selasa, 19 Juli 2022.

Netflix mengklaim, pengujian ini memperluas fitur serupa yang sebelumnya telah diluncurkan di Chili, Kosta Rika, dan Peru pada awal tahun lalu. Sebagai bagian dari pengujian ini, pelanggan akan diminta untuk membayar ekstra jika mereka berbagi layanan dengan orang di luar rumah mereka sendiri.  Fitur ini memungkinkan rumah tangga untuk menambahkan hingga dua "sub-akun" dengan biaya yang lebih rendah dari biaya layanan Netflix harga penuh.

Saat ini, Netflix memperkirakan ada sekitar 100 juta rumah tangga secara global yang berbagi akun pengguna mereka, dan lebih dari 30 juta di antaranya berada di AS dan Kanada saja. Netflix juga mengatakan bahwa dengan meminta anggota yang membagikan akun mereka untuk membayar lebih, ia berharap untuk mencapai keseimbangan yang tepat antara tetap mengizinkan berbagi berlangsung sambil juga membantu mendatangkan pendapatan dari semua orang yang melihat dan mendapatkan nilai dari layanannya.

Adapun, pengujian fitur ini bukan satu-satunya cara Netflix untuk memonetisasi basis pelanggannya, karena sebelumnya Netflix juga mengatakan akan memperkenalkan paket lebih murah yang didukung pemutaran iklan.

Pekan lalu, Netflix juga mengumumkan bahwa mereka telah menjalin mitra dengan Microsoft sebagai mitra penjualan dan teknologi periklanan global untuk membantu layanan streaming mereka memperoleh pendapatan melalui iklan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya