Nama Aplikasi Ini Punya Makna Filosofi Mendalam

Aplikasi online.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Transformasi digital menjadi salah satu prioritas dalam Presidensi G20 Indonesia sebagai kunci pemulihan ekonomi yang kuat dan berkelanjutan pascapandemi COVID-19.

Lindungi Diri Lewat Aplikasi

Selain itu juga menjadi salah satu sumber pertumbuhan ekonomi yang baru bagi daerah. Aplikasi K-Eris merupakan sinergi PT Bimasksi Multi Sinergi melalui SpeedCash sebagai Penerbit Uang Elektronik dan Penyelenggara Kegiatan Pemrosesan Transaksi Menggunakan QRIS dengan PT Bank Perkreditan Rakyat Badan Kredit Jawa Tengah.

Menariknya, ada makna filosofi dibalik penggunaan nama aplikasi K-Eris. Seperti diketahui 'keris' menjadi simbol masyarakat di tanah Jawa sebagai pegangan. Sunan Kalijaga dalam melakukan penyebaran agam Islam dakwahnya menggunakan keris sebagai alat pegangan.

Disney Plus akan Bertindak Tegas

Aplikasi ini pun memiliki beberapa layanan unggulan. Mulai dari pembayaran retribusi daerah, parkir menggunakan QRIS, pembayaran pajak, tiket olahraga dan wisata, hingga pembayaran transaksi belanja di seluruh gerai atau merchant yang menerima pembayaran QRIS.

Dengan mengunduh aplikasi dan menggunakan berbagai layanan K-Eris, masyarakat di wilayah Jawa Tengah telah membantu terlaksananya smart city dan cashless society.

Integrasi TikTok Shop-Tokopedia Rampung, Kemendag Pastikan Awasi Ketat Transaksi

Kepala Eksekutif PT Bimasakti Multi Sinergi Ibnu Sunanto menjelaskan bahwa dengan adanya sistem transaksi yang mudah berbasis QRIS dan uang elektronik, pelaku usaha maupun masyarakat bisa menerima pembayaran dari seluruh e-money perbankan maupun nonbank.

"Semua layanan lengkap disesuaikan dengan berbagai kebutuhan masyarakat," ungkap Ibnu, Rabu, 20 Juli 2022.

Berdasarkan sensus Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2020, dari 36,52 juta jiwa penduduk di Jawa Tengah, 24,93 persen di antaranya merupakan generasi milenial dan 25,31 persen lagi generasi Z. Dalam beberapa tahun ke depan, populasi penduduk Jawa Tengah bakal didominasi anak-anak muda.

Dengan demikian, pembayaran retribusi daerah cukup dilakukan di rumah secara online melalui K-Eris. Di samping itu pula edukasi penggunan pembayaran nontunai menggunakan QRIS di aplikasi ini juga diharapkan memiliki dampak nyata untuk para pedagang kecil hingga menengah untuk kemajuan daerah dalam bertransaksi.

Aplikasi K-Eris juga bermanfaat untuk memaksimalkan Penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Provinsi Jawa Tengah dari sektor retribusi dan pajak, di mana pembayaran retribusi daerah mulai dari retribusi jasa usaha, retribusi perizinan tertentu, dan retribusi jasa umum dapat dilakukan secara online.

"Masyarakat Jawa Tengah bisa menggunakan aplikasi ini untuk transfer, pembayaran, dan pembelian. Mulai dari pembayaran retribusi daerah, parkir menggunakan QRIS, pembayaran pajak, tiket olahraga dan wisata, hingga pembayaran transaksi belanja di seluruh gerai atau merchant yang menerima pembayaran QRIS," tutur Direktur Utama BPR BKK Jawa Tengah Koesnanto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya